Camat Sembalun lantik Pj Kepala Desa Sembalun Lawang

id Sembalun Lawang,Camat Sembalun Lawang,Lombok Timur,Kades

Camat Sembalun lantik Pj Kepala Desa Sembalun Lawang

Camat Sembalun, Serkapudin SSos MM, melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa Sembalun Lawang menggantikan kades sebelumnya yang mengundurkan diri karena akan mencalonkan sebagai Caleg DPRD Kabupaten Lombok Timur. 

Sembalun, Lombok Timur (ANTARA) - Camat Sembalun, Serkapudin SSos MM, melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa Sembalun Lawang menggantikan kades sebelumnya yang mengundurkan diri karena akan mencalonkan sebagai Caleg DPRD Kabupaten Lombok Timur. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dihadiri unsur Muspika, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pengurus BPD, perangkat desa, Kader PKK dan tokoh masyarakat desa setempat. Berlangsung di aula kantor desa Sembalun Lawang, Rabu (6/9). 

Serkapudin mengatakan pelantikan tersebut berdasarkan aturan dan mekanisme sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Lombok Timur nomer 188.45/302/PMD/2023 tentang pengangkatan 12 penjabat kepala desa di Kabupaten Lombok Timur.

Tugas dari Pj kepala desa yakni mengantarkan hingga pelaksanaan pemilihan kepala desa pergantian antar waktu (PAW) di Desa Sembalun Lawang. 

"Alhamdulillah pelantikan berjalan dengan aman, kondusif. Hari ini kami melantik saudara Hasbi Haer sebagai Pj Kepala Desa Sembalun Lawang menggantikan matan yang sebelumnya menjadi kepala desa karena mengundurkan diri," ucap Serkapudin. 

Ia menyampaikan Pj Kepala Desa Sembalun Lawang yang dilantik ini berasal dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sebagai pelaksana di Kantor Camat Sembalun.

Dalam prosesi pelantikan hari ini, lanjut Serkapudin sangat-sangat sakral apa yang diikrarkan sungguh sesuatu yang luar biasa. Untuk melakukan akad dan komitmen di depan Tuhan yang maha kuasa serta disaksikan oleh semua yang hadir dalam acara tersebut. 

"Artinya bahwa, prosesi pelantikan penjabat kepala desa tidak hanya seremonial belaka. Jadi apa yang disumpahkan tadi betul-betul menjadi beban dan tanggung jawab yang harus diemban oleh penjabat kades yang baru. Tentu semua itu harus dipertanggungjawabkan, baik kepada Kabupaten, Provinsi dan Tuhan yang maha Esa," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Serkapudin mengucapkan selamat kepada penjabat kades Sembalun Lawang yang baru, bahwa dirinya mendapat kepercayaan dari masyarakat melalui BPD, dari pemerintah Kabupaten melalui Camatnya. 

"Hal ini tidak mudah, jadi anda dipercayakan untuk menyetir pembangunan desa Sembalun Lawang. Harapan saya dan masyarakat Sembalun Lawang khususnya, jangan sia-siakan amanah yang diberikan oleh masyarakat," ucap Serkapudin.