Aparat gabungan kota Bima memadamkan kebakaran lahan pegunungan Kumbe

id Kebakaran lahan ,Kota Bima

Aparat gabungan kota Bima memadamkan kebakaran lahan pegunungan Kumbe

Petugas saat melakukan pemadaman kebakaran lahan di Pegunungan Kota Bima, Sabtu (9/9/2023). ANTARA/HO-Humas Polres Kota Bima

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Aparat gabungan Polres Kota Bima di Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan pemadaman kebakaran lahan di kawasan Pergunungan Kumbe, Kecamatan Rasanae.

"Kebakaran lahan di Pegunungan Kumbe tadi malam (Sabtu,9/9) telah berhasil dipadamkan," kata KasiHumas Polres Kota Bima AKP Jufrin, Minggu.

Kebakaran itu terjadi pada Sabtu (9/9) sekitar pukul 18.20 WITA, berdasar laporan masyarakat sekitar yang melihat titik api di pegunungan Kumbe langsung direspon Bhabinkamtibmas.

Atas laporan tersebut, anggota langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bima dan pihak - pihak terkait untuk bersama - sama menuju ke lokasi kebakaran tersebut.

"Bersamaan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bima yang mengerahkan mobil Damkar dengan dibantu masyarakat langsung memadamkan api yang sudah menjalar cukup luas berhasil dipadamkan," katanya.

Sebagaimana perintah dan arahan Kapolres Bima Kota, pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak membakar sampah sembarangan. Mengingat kondisi cuaca panas rawan menyebabkan kebakaran. Hampir di berbagai tempat mengalami kekeringan, sehingga sangat mudah terjadinya kebakaran.

"Berhati-hati membuang sisa puntung rokok yang masih menyala. Apabila membakar sampah, harus dijaga dan dilokalisir agar tidak merembet ke tempat lain. Pastikan api sudah padam sebelum ditinggalkan," katanya