Tarakan menambah tempat pengolahan sampah 3R

id TPS3R Tarakan, pengelolaan sampah,Tarakan

Tarakan menambah tempat pengolahan sampah 3R

Wali Kota Tarakan Khairul saat  menemui perwakilan warga RT 9 Mamburungan saat membahas pembangunan tempat pengolahan sampah reuse, reduce dan recycle (TPS3R) di Kantor Lurah Mamburungan, Tarakan, Selasa (12/9). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Utara berencana menambah pembangunan tempat pengolahan sampah reuse, reduce dan recycle (TPS3R) di Kelurahan Mamburungan. "Pembangunan TPS3R ini sendiri merupakan salah satu kegiatan strategis Pemerintah Kota Tarakan di mana ditargetkan terdapat satu unit TPS3R di masing-masing kelurahan yang ada di Tarakan," kata Wali Kota Tarakan Khairul saat menemui perwakilan warga RT 9 Mamburungan di Kantor Lurah Mamburungan, Tarakan, Selasa (12/9).

Dari pertemuan tersebut, Wali Kota bersama jajaran menjelaskan tentang mekanisme pengolahan sampah di TPS3R yang akan dibangun. Di sisi lain, warga juga menyampaikan beragam tanggapan, termasuk penolakan, terhadap rencana pembangunan. Hasil pertemuan tersebut akan dibahas oleh Wali Kota bersama dengan perangkat daerah untuk kemudian dilakukan evaluasi.

Sehingga urusan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Tarakan tetap dapat terlaksana dengan tidak menimbulkan permasalahan sosial dalam kerangka terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city.

Sejauh ini, telah beroperasi sebanyak 14 TPS3R di Tarakan yang telah terbukti mampu melakukan pengolahan sampah. "Hal tersebut dapat mengurangi volume sampah yang dikirimkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan sampah yang dikelola dapat bernilai ekonomis serta membawa dampak kesejahteraan bagi masyarakat," kata Khairul.

Baca juga: DLH memperkirakan dalam tiga tahun TPA sampah di Lombok Tengah penuh
Baca juga: Wali Kota Mataram pantau Tempat Pembuangan Sampah darurat


Pelaksanaan pembangunan berbagai infrastruktur di Tarakan senantiasa dilaksanakan dengan pendekatan aspek sosial bagi masyarakat. "Hal tersebut turut pula diterapkan dalam rencana pembangunan TPS3R di Kelurahan Mamburungan," katanya.