Ribuan warga Pamekasan melakukan aksi bersih-bersih sampah

id Bersih-bersih sampah, BPBD Pamekasan, IKA Unibraw

Ribuan warga Pamekasan melakukan aksi bersih-bersih sampah

Aksi bersih-bersih sampah dalam rangka memperinhati hari bersih-bersih sampah Sedunia di Pantai Talang Siring, Pamekasan, Minggu (24/9/2023). (ANTARA/ Abd. Aziz)

Pamekasan (ANTARA) - Ribuan warga melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir Pantai Talang Siring Pamekasan, Jawa Timur, Minggu, dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sampah Sedunia. "Kegiatan ini sebagai salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengkampanyekan lingkungan sehat dan bebas sampah," kata Juru Bicara Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA Unibraw) Iskandar.

IKA Unibraw merupakan satu dari 32 kelompok yang ikut bergabung melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang pesisir Pantai Talang Siring. Warga dari berbagai komunitas ini memungut berbagai jenis sampah yang berserakan di sepanjang pesisir pantai dan yang tersebar di sekitar hutan bakau di pantai itu.

Iskandar mengatakan, sampah merupakan persoalan serius dan perlu mendapatkan perhatian semua pihak, termasuk para akademisi dan alumni perguruan tinggi. "Karena itu, IKA UB Malang yang ada di Pamekasan merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam urusan bersih-bersih sampah, terutama dalam menciptakan kesadaran publik dalam menjaga lingkungan sekitar agar babas sampah," katanya.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan seperti Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Saifudin juga hadir dalam acara itu, petugas gabungan dari unsur polisi, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta relawan dari Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan.

Baca juga: Pertamina manfaatkan PLTS olah sampah di Bali
Baca juga: Banyuwangi dan Sungai Watch kolaborasi bersih-bersih sampah


Sebanyak tiga truk sampah terkumpul dalam aksi bersih-bersih sampah kali ini. Selain membersihkan sampah, warga dari berbagai komunitas ini juga menggelar orasi secara bergantian tentang pentingnya membersihkan sampah dari lingkungan sekitar, terutama sampah plastik.