Balita sudah bisa dapatkan vitamin A di posyandu terdekat

id Dinkes Tangerang,Bayi,Bali;a,Vitamun,Gizi,Makanan,Usia,Tangerang,Banten,Keseatan,Dinas Kesehatan,Dinkes,Vaksin,Vitqmin A

Balita sudah bisa dapatkan vitamin A di posyandu terdekat

Seorang balita sedang mengikuti kegiatan imunisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang beberapa waktu lalu. (HO/Dinkes).

Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Provinsi Banten mengungkapkan Balita sudah bisa mendapatkan vitamin A di posyandu terdekat mulai bulan Oktober 2023 ini setelah adanya perubahan jadwal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang Senin mengatakan pemberian vitamin A itu berdasarkan Surat Pemberintahuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor: GM.03.03/B/648/2023 perihal perubahan jadwal bulan pemberian vitamin A tahun 2023 dari Agustus ke Oktober. "Pelaksanaan pemberian vitamin A kedua yang harusnya diberikan pada bulan Agustus kemarin, menjadi di bulan Oktober ini,” kata dr Dini Anggraeni.

Ia juga menjelaskan pemberian vitamin A ini gratis (tanpa dipungut biaya). Nantinya ada dua jenis kapsul yang berbeda diberikan sesuai dengan usianya. Vitamin A ini diberikan kepada bayi usia enam sampai 11 bulan dengan vitamin A berkapsul warna biru. Sedangkan untuk balita 12-59 bulan yang diberikan ialah vitamin A berkapsul warna merah.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh.

Apabila anak kekurangan vitamin A, maka akan rentan terserang penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, hingga diare, yang tentunya harus diimbangi dengan pemberian makanan sehat dan bergizi.

Baca juga: 346 balita stunting di Mataram dapat bantuan susu
Baca juga: Program Dashat disebut berikan manfaat bagi balita


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang itu juga mengimbau kepada para orang tua untuk segera membawa balitanya ke posyandu terdekat, agar mendapatkan layanan pemberian vitamin A secara gratis pada bulan Oktober ini. "Tak hanya itu, tetap berikan gizi seimbang bagi keluarga dan pastikan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” kata dr Dini.