Presiden Jokowi meminta menteri percepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional

id Proyek Strategis Nasional,PSN,Menteri Investasi,Bahlil Lahadalia,BKPM,Rempang

Presiden Jokowi meminta menteri percepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/10/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju mempercepat untuk menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan target waktu semester pertama tahun 2024.
 

"Secara umum, Pak Menko tadi mengatakan secara progres Pak Presiden memerintahkan untuk melakukan percepatan (PSN) agar selesai di 2024. Paling lambat semester pertama akhir," kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat terbatas membahas PSN di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Khusus untuk PSN yang dikerjakan oleh pihak swasta, lanjutnya, waktu penyelesaian pengerjaan proyek tersebut bisa diperpanjang. "Kalau proyek-proyek yang (dikerjakan) swasta, terkecuali swasta nasional, PSN yang masuk di swasta itu bisa diperpanjang; tapi kalau untuk (PSN yang dikerjakan) Pemerintah harus selesai semua (sesuai target)," jelas Bahlil.

Sementara itu, untuk PSN di Rempang, Kepulauan Riau, yang menimbulkan polemik dengan masyarakat, Bahlil mengatakan dirinya telah mendapatkan perintah dari Jokowi untuk menyelesaikan hal tersebut. Bahlil menekankan akan terus berkomunikasi dengan masyarakat setempat terkait proyek strategis tersebut. "Saya akan turun terus karena Bapak Presiden perintahkan saya untuk menyelesaikan, saya selesaikan," ujar Bahlil.

Baca juga: Periode pendaftaran capres singkat menguntungkan investor
Baca juga: BEI segera cetak rekor IPO terbanyak


PSN di Rempang hingga saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan dan Bhalil optimistis masalah tersebut bisa diselesaikan melalui komunikasi dengan masyarakat.