Info BMKG Balikpapan deteksi 257 titik panas di Kaltim

id BMKG Balikpapan, titik panas, Provinsi Kaltim

Info BMKG Balikpapan deteksi 257 titik panas di Kaltim

Ilustrasi - Petugas memadamkan karhutla di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (Antara/HO-Pusdalops Kabupaten PPU)

Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan berhasil mendeteksi sebanyak 257 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 257 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan Stasiun Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin.

Jumlah titik panas sebanyak ini mengalami penurunan ketimbang dua hari sebelumnya yang sebanyak 317 titik panas. Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, yakni dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu semua pihak diimbau saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi karhutla. Menurutnya, sebaran titik panas tersebut telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Titik panas itu tersebar di Kabupaten Paser terdapat 16 titik, Penajam Paser Utara 3, Kutai Barat 16, Kutai Timur 40, Kutai Kartanegara 112, dan Kabupaten Berau terdeteksi sebanyak 70 titik panas.

Sebaran per kabupaten antara lain di Kutai Barat terpantau 16 titik, tersebar pada lima kecamatan yakni Bongan ada tujuh titik, Jempang satu, Muara Pahu dua, Penyinggahan tiga, dan Kecamatan Siluq Ngurai ada tiga titik.

Baca juga: BMKG deteksi sebanyak 69 titik panas di Kaltim
Baca juga: KLHK catat jumlah titik panas di Indonesia meningkat signifikan


"Di Kabupaten Kutai Timur yang terpantau 40 titik, tersebar pada 10 kecamatan yakni Bengalon delapan, Busang satu, Karangan dua, Kaubun empat, Kongbeng delapan, Muara Ancalong tiga, Muara Wahau tiga, Rantau Pulung dua, Sangkulirang satu, dan Kecamatan Telen ada lima titik," katanya.*