KIM Kukar wakili Kaltim di ajang KIMFest 2023

id KIM Kukar,wakili Kaltim,di ajang KIMFest ,Nasional

KIM Kukar wakili Kaltim di ajang KIMFest 2023

Seksi Kemitraan Media Komunikasi Publik, Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim Herlinawati. ANTARA/Diskominfo Kaltim

Samarinda (ANTARA) - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dari Kabupaten Kutai Kartanegara mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada ajang nasional KIMFest tahun 2023 di Surabaya. Seksi Kemitraan Media Komunikasi Publik, Bidang IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim Herlinawati menjelaskan KIM tersebut dipilih melalui ajang seleksi yang diikuti oleh semua Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di Provinsi Kaltim.

“KIM Muara Muntai dan KIM Muara Badak dari Kabupaten Kukar akhirnya lolos setelah melalui berbagai rangkaian seleksi dengan KIM yang lainnya, ” jelas Herlinawati di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan kedua KIM asal Kukar ini siap beradu inovasi dan ikuti rangkaian kegiatan KIMFest Nasional yang perdana pula dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2023 mendatang di Kota Pahlawan tersebut.

KIM Muara Pelangi diketahui telah aktif dalam keikutsertaan lomba seperti lomba Desa Wisata Award tahun 2021, dan berbagai Lomba Inovasi Desa. Sektor Pariwisata yang unik dan pengelolaan yang menarik menjadi daya pikat dalam pengembangan potensi Muara Muntai.

Tak kalah inovatif, KIM Muara Badak secara kreatif mengelola berbagai informasi dan aktif menggerakkan berbagai aktivitas UMKM dan Pengelolaan Wisata, baik melalui jejaring media milik KIM hingga berkolaborasi dengan media massa lainnya untuk penyebarluasan informasi terutama terkait potensi Muara Badak.

KIMFest 2023 ini akan menjadi ajang yang penting bagi Komunitas lokal untuk berbagi inspirasi, pengalaman, inovasi dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, lingkungan dan budaya. KIM Kukar siap dan akan memamerkan prestasi mereka, serta mempromosikan lebih luas lagi potensi kebudayaan dan kekayaan lokal.

“Dengan adanya KIMFest yang diadakan Pemerintah pusat, kami berharap KIM yang ada di Kabupaten Kota lain di Kaltim dapat termotivasi lagi untuk membentuk dan mengaktifkan KIM di masing-masing daerah. Melalui kegiatan ini juga kita jadikan wadah untuk bertukar informasi sesama KIM di Indonesia” imbuhnya.

Baca juga: DKJ berikan ruang musik tradisi lewat International Ethnic Music Festival
Baca juga: Banyuwangi klaim industri batik terus tumbuh dan maju


KIMFest atau Festival KIM 2023 digelar sebagai ajang penghargaan bagi KIM yang berprestasi serta memberikan ruang pameran bagi KIM terbaik dari setiap provinsi di Indonesia, yang terdisplay di stand - booth pameran.

KIM ini merupakan mitra pemerintah yang strategis untuk penyebaran informasi, hingga ditekankan pada sisi pengelolaan dan pembinaan menjadi model digital. Sedangkan rangkaian kegiatan Festival KIM 2023 ini diisi dengan Kompetisi KIM, Pameran Kementerian - Lembaga dan Dinas Kominfo Provinsi seluruh Indonesia, Stand Pameran dan berbagai hiburan.