Danrem 162/WB serap aspirasi petani di Lombok Utara

id Danrem 162/WB,Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti,Petani Lombok Utara

Danrem 162/WB serap aspirasi petani di Lombok Utara

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti mengadakan pertemuan bersama para petani atau Gapoktan padi dan kelapa guna membahas pemberdayaan hasil kebun kelapa dengan meningkatkan nilai tambahnya. 

Mataram (ANTARA) - Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti mengadakan pertemuan bersama para petani atau Gapoktan padi dan kelapa guna membahas pemberdayaan hasil kebun kelapa dengan meningkatkan nilai tambahnya. 

"Selain silaturahmi, kegiatan itu membahas strategi pengembangan kebun kelapa, upaya peningkatan produktivitas," katanya usai pertemuan di Wisata Tiu Bangket Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Rabu.

Selain itu juga membahas pemasaran produk kelapa untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih tinggi guna mendukung petani dalam meningkatkan pendapatan dan memperbaiki kesejahteraannya.

"Pertemuan ini merupakan langkah yang signifikan dalam upaya memajukan pertanian di wilayah tersebut," katanya.

Dengan adanya kolaborasi antara Korem 162/WB dan petani diharapkan dapat tercipta solusi yang efektif dalam meningkatkan hasil pertanian, guna meningkatkan kesejahteraan petani.

"Pembangunan pertanian yang dilakukan saat ini tidak dapat dikatakan berhasil, jika pendapatan dan kesejahteraan para petani masih tetap rendah," 

Misalnya, peningkatan produktivitas pertanian telah semakin gencar dilakukan oleh pemerintah terutama di tingkat petani melalui berbagai kegiatannya seperti penyuluhan dan pelatihan-pelatihan di tingkat petani dan kelompok petani.

Namun, tidak jarang terjadi bahwa produktivitas tanaman sudah tinggi tetapi tidak memberikan jaminan bagi para petani untuk meningkatkan pendapatannya karena beberapa alasan seperti faktor harga (saat panen raya), kualitas dan tingkat preferensi konsumen. 

"Para petani pada saat tersebut memperoleh harga yang tidak diharapkan," katanya.

Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya upaya yang lebih fokus, misalnya kelapa tidak kita jual dalam bentuk kelapa tapi kita jual setelah kita olah menjadi kopra, minyak dan dalam bentuk lainnya.

"Maka akan memberikan nilai tambah yang semakin tinggi," jelas Brigjen TNI Agus Bhakti. 

Kabupaten Lombok Utara adalah penghasil kelapa terbaik di wilayah NTB, bahkan sampai mengirim ke Bali dan Jawa setiap harinya, karena itu pada hari ini selain merupakan program ketahanan pangan Mabes TNI yang diselenggarakan secara serentak di Indonesia.

"Saya juga ingin mengetahui permasalahan yang ada guna kita cari solusi secara bersama-sama," katanya.