Ambon galakkan advokasi program keluarga berencana

id KB,Penduduk Ambon, Ambon

Ambon galakkan advokasi program keluarga berencana

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana {DPPKB) menggalakkan kegiatan advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). ANTARA/ Penina F Mayaut.

Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambön melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana {DPPKB) menggalakkan kegiatan advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan, kegiatan advokasi bertujuan untuk mewujudkan keluarga berkualitas menuju keluarga kecil, bahagia dan sejahtera, katanya di Ambon, Maluku , Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan advokasi memberdayakan mitra kerja DPPKB Tingkat Kota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat, kepala desa atau raja, lurah, Kader Keluarga Berencana dan TP PKK.

"Kegiatan advokasi KKBPK kepada pemangku kepentingan dan mitra kerja bertujuan untuk mencanangkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. dan menekan angka kematian ibu akibat hamil di usia muda," katanya.

Ia menyatakan, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat memahami materi-materi yang disampaikan narasumber, kemudian diimplementasikan dalam aktivitas guna membantu pemerintah menyelaraskan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga yang seimbang.

Dengan demikian faktor pendorong peningkatan kualitas kegiatan advokasi harus diimbangi oleh kemampuan sumberdaya manusia.

"Karena itu perlu ditempuh upaya antisipasi agar pelaksanaan kegiatan advokasi pembangunan keluarga dapat berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Pihaknya berharap, para mitra dapat berkolaborasi guna menjalankan tanggung jawabnya mewujudkan keluarga berkualitas di kota ini.

"Diharapkan melalui kegiatan advokasi para kader di lapangan bersama mitra terkait bisa berkolaborasi dalam pengembangan proses interaksi yang baik untuk menciptakan masyarakat yang sehat, sejahtera, dan bahagia," ujarnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Welly Patty menambahkan, kegiatan advokasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Baca juga: Kemenkes menekankan kualitas konseling kunci keberhasilan KBPP
Baca juga: Jambore Nasional Juang Kencana hidupkan filosofi


"Selain itu meningkatkan komitmen dan peran pemerintah daerah serta mitra kerja dalam mewujudkan keluarga berkualitas menuju keluarga kecil, bahagia dan sejahtera," ujarnya.