Kepolisian Resor Lombok Tengah siaga menghadapi bencana selama musim hujan

id mitigasi lombok tengah,polres lombok tengah,penanggulangan bencana

Kepolisian Resor Lombok Tengah siaga menghadapi bencana selama musim hujan

Polisi mengecek sarana dan prasarana penanggulangan bencana di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (18/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat siaga menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam selama musim penghujan.

Kepala Kepolisian Resor Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana penanggulangan bencana di Praya, Sabtu.

"Kita mengecek sarana dan prasarana, mulai dari kendaraan operasional, perahu, pelampung, dan alat pemotong kayu," katanya.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan personel siap diturunkan serta sarana dan prasarana dapat digunakan saat bencana alam terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

"Ketika terjadi bencana, personel dan peralatan sudah siap diturunkan ke lapangan," kata Iwan.

Ia mengatakan bahwa peluang terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor meningkat seiring dengan meningkatnya curah hujan.

"Kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi di wilayah kita, akan tetapi dengan kesiapan kita dalam menghadapi bencana, sewaktu-waktu terjadi kita sudah siap menghadapi kondisi terburuk," katanya.

Dia meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam meningkatkan kesiapsiagaan selama musim penghujan.

Iwan menyampaikan bahwa kepolisian menyiagakan personel dan peralatan untuk membantu warga yang daerahnya mengalami bencana alam.

"Anggota kami siap diterjunkan apabila mendapatkan informasi atau laporan dari masyarakat terkait terjadinya bencana alam," katanya.