Tak ada pengerahan pasukan untuk bebaskan sandera

id Pangdam Cenderawasih,sandera KKB,pilot susi air

Tak ada pengerahan pasukan untuk bebaskan sandera

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Izak Pangemanan menegaskan tidak ada pengerahan pasukan untuk membebaskan sandera berkebangsaan Selandia Baru Philip Mark Mehrtens dari tangan kelompok kriminal bersenjata atau KKB.

Pangdam mengatakan pola yang dilakukan masih tetap sama, yaitu negosiasi dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemda Nduga .

"Selain itu juga prajurit TNI yang bertugas di wilayah itu lebih mengedepankan kegiatan atau operasi teritorial guna meningkatkan kepercayaan kepada aparat keamanan," kata Izak Pangemanan kepada ANTARA di Jayapura, Kamis.

Ia menegaskan bahwa upaya negosiasi lebih dikedepankan guna meminimalisasi jatuhnya korban, khususnya dari kalangan masyarakat. Untuk itu, Pangdam berharap Egianus Kogoya dan kelompoknya segera melepaskan sandera agar yang bersangkutan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

Dari laporan yang diterima, lanjut Pangdam, kondisi sandera yang berprofesi sebagai pilot dalam keadaan sehat dan senantiasa dijaga kesehatannya .

"Pilot Philip Mark Mehrtens yang disandera sejak tanggal 7 Februari 2023 itu memang sudah 10 bulan bersama KKB pimpinan Egianus yang menyanderanya sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan," jelas Mayjen Izak.

Baca juga: Upaya pembebasan warga Selandia Baru terus dilakukan
Baca juga: Daftar nama pekerja tower yang disandera KKB di Papua


Pangdam berharap Egianus dan kelompoknya segera membebaskan sandera itu karena tidak ada untungnya penyanderaan tersebut bagi mereka. Apalagi aparat keamanan juga tidak akan melakukan pengejaran atau operasi militer untuk membebaskan sandera tersebut.

"Kami tidak mau masyarakat terdampak bila dilakukan operasi-operasi tersebut," tegas Pangdam.