Harga Ayam Broiler di Mataram Turun Drastis

id ayam broiler

Harga Ayam Broiler di Mataram Turun Drastis

(1)

"Penurunan harga daging ayam menjelang Lebaran Idul Adha memang satu kelangkaan, karena biasanya harganya naik"
Mataram (Antara NTB)- Harga daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, turun drastis dari Rp42.000-Rp45.000 per kilogram kini hanya Rp28.000 per kilogram.

Nurul salah satu pedagang ayam broiler di Pasar Cemara, di Mataram, Jumat, mengatakan, penurunan harga ayam broiler ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Penurunan harga daging ayam menjelang Lebaran Idul Adha memang satu kelangkaan, karena biasanya harganya naik," katanya Nurul saat ditemui di sela kesibukannya di Pasar Cemara.

Namun demikian, Nurul tidak mengetahui secara pasti penyebab penurunan harga ayam broiler yang drastis tersebut.

"Saya tidak tahu persis apa penyebab penurunan ayam brolier, yang jelas kami membeli dari agennya murah, untuk itu saya juga menjualnya murah," katanya.

Berbeda dengan Paridah salah seorang pedagang ayam broiler di Pasar Tradisional Dasan Agung mengatakan, untuk di Pasar Dasan Agung dia menjual ayam broiler Rp30.000 per kilogram.

"Memang terjadi penurunan drastis, dari harga bulan Agustus yang mencapai Rp45.000 per kilogram," katanya.

Menurutnya, penurunan harga ayam broiler ini dipengaruhi karena banyaknya stok ayam siap panen pada tingkat peternak.

"Informasi yang saya dapatkan, penurunan harga ayam ini karena stok dipengepul sangat banyak sementara permintaan stabil bahkan saat ini berkurang," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Mataram H Mutawalli yang dikonfirmasi terkait penurunan harga ayam broiler tersebut membenarkan faktor yang mempengaruhi penurunan harga ayam karena stok yang tersedia cukup banyak.

"Pengusaha dari dalam dan luar daerah yang mengirim DOC saat harga ayam naik, kini sudah panen sehingga harga ayam broiler menjadi stabil," ujarnya. (*)