Harga ayam broiler di Mataram antara Rp45 ribu sampai Rp48 ribu per kilogram

id harga ayam broiler di Mataram,harga ayam broiler turun,harga ayam,ayam broiler,Kota Mataram

Harga ayam broiler di Mataram antara Rp45 ribu sampai Rp48 ribu per kilogram

 Aktivitas pedagang ayam broiler di Pasar Kebon Roek Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Mataram mulai turun menjadi sekitar Rp45.000-48.000 per kilogram mendekati harga normal yakni Rp38.000 per kilogram.

"Harga normal daging ayam broiler Rp35.000-Rp37.000 per kilogram," kata Kepala Bidang Pengendalian Bahan Pokok dan Penting Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Kamis.

Ia bersyukur karena hasil pantauan hari ini, Kamis (4/5), harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional mulai stabil, terutama harga ayam broiler.

Dikatakan, dengan penurunan harga ayam broiler yang signifikan ini menjadi satu indikasi kenaikan harga menjelang Idul Fitri dan "Lebaran Topat" (ketupat) yang dirayakan seminggu setelah Idul Fitri, pedagang hanya memanfaatkan momen sebab pasokan tersedia.

"Kendati demikian, kami akan terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan signifikan," katanya.

Pasalnya, lanjut Sri, setelah Idul Fitri dan Lebaran Topat akan masuk musim haji. Dimana tradisi masyarakat di Pulau Lombok sebelum berangkat akan menggelar berbagai kegiatan selamatan, zikir, dan, doa, dengan menyiapkan makanan dalam porsi besar.

"Kondisi itu bisa berpotensi memicu kenaikan harga karena permintaan meningkat. Jadi harus kita antisipasi sedini mungkin," katanya.

Selain harga ayam broiler, lanjut Sri, hasil pantauan harga hari ini harga cabai merah besar biasa juga turun dari Rp20.000 per kilogram menjadi Rp18.000 per kilogram.

Sementara harga cabai rawit masih stabil Rp25.000 per kilogram, bawang putih impor Rp30.000 per kilogram, dan bawang merah lokal Rp45.000 per kilogram.

Sedangkan untuk harga daging sapi murni juga masih stabil Rp125.000 per kilogram, beras Rp9.500 per kilogram untuk jenis medium, premium Rp13.000 per kilogram, gula pasir Rp14.000 per kilogram, begitu juga harga minyak goreng curah masih stabil yakni Rp16.000 per kilogram.

Harga telur ayam broiler juga masih stabil yakni Rp2.000 per butir, namun harga itu masih di atas harga normal yakni Rp1.200-1.500 per butir.

"Khusus untuk telur kita juga terus pantai, kami juga akan berkoordinasi dengan para distributor terkait harga telur yang belum bisa pada posisi harga normal sementara stok banyak," kata Sri menambahkan.