Presiden Jokowi tak intervensi sikap politik Paguyuban Pujakesuma

id Presiden Joko Widodo, Paguyuban Pujakesuma

Presiden Jokowi tak intervensi sikap politik Paguyuban Pujakesuma

Ketua Umum Paguyuban Pujakesuma Eko Sopiyanto (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan di acara Rakornas Pujakesuma, di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo tidak mengarahkan atau mengintervensi sikap politik Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatra (Pujakesuma) dalam Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Paguyuban Pujakesuma Eko Sopiyanto kepada wartawan di sela pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pujakesuma yang dihadiri Presiden Joko Widodo, di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu.

“Pak Jokowi nggak ada arahan. Nggak ada arahan, nggak ada imbauan. Tadi sambil jalan (mengantar Presiden) berceritanya bukan politik, artinya Presiden tidak mengarah-ngarahkan. Tidak ada intervensi dari siapapun,” kata Eko.

Eko mengatakan pada tahun sebelumnya Paguyuban Pujakesuma mendukung Presiden Joko Widodo dalam Pilpres. Dan saat ini paguyubannya akan menentukan sikap politik melalui Rakornas yang diselenggarakan 20-21 Januari 2024 di Ancol.

Lebih jauh menurut Eko, Presiden hanya menyampaikan pesan agar masyarakat termasuk Paguyuban Pujakesuma senantiasa rukun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pesannya disuruh guyub, rukun, di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung,” katanya.

Baca juga: Dubes Fadjroel Rachman meluncurkan buku 'Indonesia Memilih Presiden'
Baca juga: Wapres luncurkan UB Halal Center dan UB Halal Metric

Sementara itu Presiden dalam sambutannya saat menghadiri acara Rakornas Paguyuban Pujakesuma meminta agar perayaan pesta demokrasi dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga berlangsung damai, sukses dan lancar.

Presiden juga mengingatkan agar keutuhan dan persatuan bangsa tidak terganggu karena perbedaan pendapat dan pilihan dalam Pilpres.