Bupati Sumbawa Barat gunakan hak pilihnya di TPS 11 Bugis

id Sumbawa Barat ,Pemilu 2024,NTB,bupati sumbawa barat,hak pilih,TPS 11 Bugis

Bupati Sumbawa Barat gunakan hak pilihnya di TPS 11 Bugis

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat,NTB, Dr Musyafirin saat menggunakan hak pilihnya di TPS 11, Rabu (14/02/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Saya bersyukur pemilu sudah berjalan dan antusiasme warga Sumbawa Barat cukup tinggi untuk ikut pemilu

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr Musyafirin bersama keluarga menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11 Kelurahan Bugis Taliwang.

 “Saya bersyukur pemilu sudah berjalan dan antusiasme warga Sumbawa Barat cukup tinggi untuk ikut pemilu,” katanya usai melakukan pencoblosan di TPS 11, Rabu.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kinerja KPU dan Bawaslu, serta TNI-Polri, karena sudah bisa membangun koordinasi dan kolaborasi dengan pihak pihak terkait dalam menjalankan Pemilu ini.

"Saya berharap agar masyarakat bisa menggunakan haknya, karena itu penting untuk membangun masa depan Indonesia," katanya.

Baca juga: Bupati Sumbawa Barat ingatkan petugas pengawas pemilu jaga kesehatan
Baca juga: Bupati Sumbawa Barat mengingatkan ASN tetap netral pada Pemilu 2024

Seusai melakukan pencoblosan, Bupati bersama rombongan melakukan pemantauan ke berbagai TPS, untuk memastikan secara langsung proses pencoblosan berlangsung dengan aman. Beberapa TPS yang dikunjungi oleh Bupati yaitu TPS 22 Lingkungan Bosok Kelurahan Menala, TPS 2 Desa Sermong, TPS 7 Desa Tepas, TPS 2 Desa Bangkat monte, TPS Desa Lamuntet, dan TPS Desa Moteng.

“Kami berharap masyarakat tetap menjaga kondusifitas wilayah baik sebelum Pemilu maupun sesudah Pemilu,” katanya.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.