Sekda harapkan TTG jadi penggerak ekonomi masyarakat Kota Bima

id Sekda NTB Ibnu Salim,Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Bima,TTG Penggerak Ekonomi Kota Bima

Sekda harapkan TTG jadi penggerak ekonomi masyarakat Kota Bima

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ibnu Salim. (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ibnu Salim berharap kegiatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat provinsi yang digelar di Kota Bima menjadi penggerak meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

"Semua berkumpul di Kota Bima, UMKM akan menggeliat," ujarnya melalui siaran pers di Mataram, Kamis.

Ia menyatakan TTG yang di gelar merupakan langkah awal untuk memacu potensi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk memajukan ekonomi kreatif, kearifan lokal masyarakat Bima secara luas.

Penjabat Wali Kota Bima, Mohammad Rum mendorong wirausaha di wilayah itu untuk mengembangkan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis kearifan lokal setempat.

"Inovasi berbasis lokal ini dalam rangka mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kota Bima," ujarnya.

Acara Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) ke III Tingkat Kota Bima ini diikuti 92 peserta yang terdiri dari para investor lokal, serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat dari tingkat kecamatan hingga kelurahan.

Rum menegaskan kegiatan, TTG bertujuan untuk memotivasi semua pihak dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi masyarakat.

Untuk itu, pentingnya teknologi sederhana yang mudah diterapkan oleh masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi lokal, khususnya dalam hal peningkatan ketahanan pangan dan penurunan angka stunting.

"Dengan optimalisasi pemanfaatan alat TTG yang dihasilkan oleh para investor, kita dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas dalam menciptakan usaha produktif," ujarnya.

Baca juga: Jokowi sebut sektor UMKM sokong 61 persen PDB nasional
Baca juga: Melalui TJSL PLN, Rumah BUMN Sumbawa tingkatkan go digital, go modern dan go online


Karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait untuk terus memberikan dukungan penuh terhadap upaya dalam mewujudkan cita-cita bagi kemajuan teknologi dan kesejahteraan masyarakat Kota Bima.

"Tentunya diharapkan semangat dan dukungan dari kita bersama agar Gelar Teknologi Tepat Guna ke III Tingkat Kota Bima 2024 dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat lokal," katanya.