Gulkarmat Jaktim padamkan kebakaran di RS Harapan Bunda

id kebakaran rumah sakit, Rumah Sakit Harapan Bunda,penanggulangan kebakaran

Gulkarmat Jaktim padamkan kebakaran di RS Harapan Bunda

Sejumlah pasien dievakuasi ke luar bangunan Rumah Sakit Harapan Bunda di Ciracas, Jakarta Timur yang terbakar pada Kamis (7/3/2024) malam, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. ANTARA/HO-Humas Sudin Gulkarmat Jaktim

Jakarta (ANTARA) - Puluhan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Kamis (7/3) malam, memadamkan kebakaran di bangunan Rumah Sakit Harapan Bunda.

"Kebakaran dilaporkan pukul 19.00 WIB, status pemadaman dinyatakan selesai dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman dalam keterangannya di Jakarta.

Sebanyak 11 unit pemadam dikerahkan dengan jumlah personel mencapai 55 orang. Setelah operasi pemadaman sekitar 1 jam, api pun padam.

Pada pukul 21.07 WIB, status operasi dinyatakan selesai dan seluruh regu meninggalkan lokasi kebakaran di Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 22 Nomor 44 Ciracas. Penyebab kebakaran masih diselidiki. Ada dugaan api pertama kali terlihat di ruang server lantai 4 bangunan tersebut.

Saat pemadaman  pukul 19.12 WIB, petugas Sudin Gulkarmat Jaktim bersama petugas rumah sakit terlebih dahulu menyelamatkan pasien yang terjebak di dalam bangunan. Pasien dievakuasi sementara ke luar bangunan.

Baca juga: Kebakaran di Bulungan, satu orang meninggal
Baca juga: Damkar Mataram data ketersediaan keselamatan kebakaran pada fasilitas publik


Pukul 20.25 WIB, pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api ataupun asap.

"Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Pasien yang dievakuasi telah dikembalikan ke ruangannya dalam keadaan aman. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting listrik," kata Gatot.