DLH Mataram pastikan lapangan Shalat Id bebas sampah

id sampah sahlat Id Mataram,sholat,idul fitri,bebas sampah,lapangan

DLH Mataram pastikan lapangan Shalat Id bebas sampah

Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, di halaman parkir Lombok Epicentrum Mall. (ANTARA/Nirkomala)

Pada hari H Idul Fitri, kita akan menyiagakan puluhan petugas kebersihan di lokasi atau lapangan yang menjadi pelaksanaan Shalat Idul Fitri
Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan petugas kebersihan untuk memastikan lokasi-lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah bebas dari sampah setelah digunakan.

"Pada hari H Idul Fitri, kita akan menyiagakan puluhan petugas kebersihan di lokasi atau lapangan yang menjadi pelaksanaan Shalat Idul Fitri," kata Kepala DLH Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan salah satu lokasi pusat pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram di areal halaman parkir Lombok Epicentrum Mall.

Baca juga: Shalat Idul Fitri di Mataram dipusatkan di halaman Lombok Epicentrum Mall

Di lokasi ini, DLH akan menugaskan petugas kebersihan non-Muslim membersihkan tempat tersebut setelah Shalat Idul Fitri, karena biasanya banyak sampah plastik dan koran bekas yang digunakan jamaah sebagai alas shalat.

Petugas DLH dari kalangan Muslim, katanya, diberikan toleransi untuk merayakan Idul Fitri hingga pukul 14.00 Wita. Setelah itu, mereka harus bertugas melakukan pembersihan sesuai lokasi tugas masing-masing seperti biasa.

"Ini pesan khusus dari Pak Wali (Wali Kota Mataram), yang ingin kota ini harus tetap bersih walaupun sedang libur dan cuti Lebaran," katanya.

Untuk menjamin kebersihan di tempat pelaksanaan Shalat Id, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan manajemen Lombok Epicentrum Mall, agar menyiapkan tempat sampah di titik-titik tertentu.

Selain itu, pihaknya akan mencoba menerapkan sistem pembagian karung kepada beberapa jamaah agar dapat mengambil sampah di sekitarnya untuk meringankan kerja petugas kebersihan.

"Sistem pembagian karung itu juga akan kita terapkan pada kafilah peserta pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1445 Hijriah," katanya.

Untuk penanganan sampah di sejumlah lapangan atau fasilitas publik yang akan menjadi tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri, katanya, segera dikoordinasikan dengan para pelaksana.

"Karena sampai saat ini, kita baru terima laporan kalau pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah tingkat Kota Mataram dipusatkan di parkir Epicentrum Mall," katanya.

Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Mataram Lalu Martawang pada kesempatan sebelumnya mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu laporan terkait dengan lokasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri selain di Lombok Epicentrum Mall.

"Tujuannya, agar kita bisa persiapkan untuk pengawasan dan pengamanan termasuk penanganan kebersihan setelah Shalat Idul Fitri," katanya.

Selain di Lombok Epicentrum Mall, pada Lebaran 2023 kegiatan Shalat Idul Fitri terdapat 11 lapangan lain yang menjadi lokasi alternatif umat Muslim Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah selain di masjid.

Lapangan tersebut, meliputi Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Lapangan Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai, Lapangan Atletik Kelurahan Dasan Agung Baru, Lapangan TNI- AU Kelurahan Rembiga, Kompleks Perguruan Muhammadiyah Mataram, Jalan Anyelir No. 2 Mataram.

Selain itu, Lapangan Kampus Unram, Lapangan Kampus Muhamadiyah, Lapangan Mubarok BTN Kekalik Baru Pagesangan Barat, Lapangan BTN Pagutan Permai (BPP), dan terakhir di Areal Parkir depan Mataram Mall Jalan Pejanggik Cakranegara.