Shalat Idul Fitri di Mataram dipusatkan di halaman Lombok Epicentrum Mall

id shalat idul fitri,Lombok Epicentrum Mall,pemkot mataram,lebaran

Shalat Idul Fitri di Mataram dipusatkan di halaman Lombok Epicentrum Mall

Arsip - Kegiatan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, di halaman parkir Lombok Epicentrum Mall. ANTARA/Nirkomala

Shalat Idul Fitri di parkiran Lombok Epicentrum Mall akan dihadiri langsung Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta keluarga
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memusatkan kegiatan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman parkir Lombok Epicentrum Mall Jalan Sriwijaya Mataram.

"Shalat Idul Fitri di parkiran Lombok Epicentrum Mall akan dihadiri langsung Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta keluarga," kata Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Selasa.

Selain itu, tambahnya, jajaran pejabat lingkup Pemerintah Kota Mataram beserta keluarga juga akan ikut melaksanakan shalat Idul Fitri di parkiran Lombok Epicentrum Mall.

"Untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri, kita sudah melakukan komunikasi dengan manajemen Epicentrum," katanya.

Baca juga: Puluhan ribu warga shalat Idul Fitri di Masjid Islamic Center NTB

Sementara untuk lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri lainnya, kata Martawang, sejauh ini masih di cek dan menunggu laporan dari pihak terkait yang akan menggunakan lapangan atau fasilitas umum lainnya untuk kegiatan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain di Lombok Epicentrum Mall, pada Idul Fitri tahun 2023 kegiatan shalat Idul Fitri juga dilaksanakan di 11 lapangan lain yang menjadi lokasi alternatif bagi umat Muslim selain di masjid.

Lapangan tersebut meliputi Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Lapangan Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai, Lapangan Atletik Kelurahan Dasan Agung Baru, Lapangan TNI- AU Kelurahan Rembiga, Komplek Perguruan Muhammadiyah Mataram, Jalan Anyelir No 2 Mataram.

Baca juga: Puluhan ribu umat muslim di Kota Mataram shalat Idul Fitri 1444 Hijriah

Selanjutnya, Lapangan Kampus Unram, Lapangan Kampus Muhamadiyah, Lapangan Mubarok BTN Kekalik Baru Pagesangan Barat, Lapangan BTN Pagutan Permai (BPP), dan terakhir di Areal Parkir depan Mataram Mall Jalan Pejanggik Cakranegara.

Tapi untuk tahun ini, tambah Martawang, pihaknya masih menunggu laporan apakah lokasi-lokasi itu masih tetap akan digunakan atau tidak.

"Tujuannya, agar kita bisa persiapkan untuk pengawasan dan pengamanan termasuk penanganan kebersihan setelah shalat Id," katanya.

Baca juga: Ribuan umat Muslim di Kota Mataram ikut pawai takbiran sambut Idul Fitri

Di sisi lain, menyinggung tentang kegiatan pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1445 Hijriah, Pemerintah Kota Mataram kembali memutuskan pawai takbiran disebar di enam kecamatan se-Kota Mataram.

"Jadi tidak dilakukan secara terpusat di satu tempat," katanya.

Dalam kegiatan pawai takbiran, Pemerintah Kota Mataram berkolaborasi dengan KNPI dan Badan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), dan sudah dilakukan persiapan yang matang oleh karang taruna dan pemangku kepentingan lainnya.

"Harapan kita masyarakat tidak berlebihan merayakan pawai takbiran karena yang terpenting adalah spiritual dan girah kemenangan tersampaikan," katanya.

Baca juga: Pawai malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Mataram meriah