\Menlu Jepang harap dukungan RI perkuat OECD

id OECD,Airlangga Hartarto

\Menlu Jepang harap dukungan RI perkuat OECD

Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa (kiri) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) di sela Pertemuan Tingkat Menteri OECD di Paris, Prancis, Kamis (2/5/2024) (ANTARA/Bayu Saputra)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa di sela Pertemuan Tingkat Menteri OECD di Paris, Prancis. Dalam pertemuan itu, Menlu Jepang Yoko Kamikawa berharap Indonesia dapat memperkuat kolaborasi antara Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan ASEAN.

"Sebagai Ketua MCM (OECD Ministerial Council Meeting) 2024, Jepang ingin memperkuat kolaborasi antara OECD dan negara-negara di Asia Tenggara dengan Indonesia sebagai porosnya," kata Airlangga dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Airlangga dan Menlu Jepang Yoko Kamikawa membahas berbagai isu strategis yang relevan dengan tema MCM 2024.

Kedua menteri tersebut menegaskan komitmen mereka untuk memanfaatkan kekuatan OECD sebagai pusat kerja sama global dalam mengembangkan kebijakan yang sehat dan terkoordinasi dengan baik.

Kedua menteri juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang lebih erat antara Indonesia dan Jepang, dengan fokus pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan keterampilan tenaga kerja, dan pendidikan dalam menghadapi tantangan global.

Dalam kerangka bilateral, kedua menteri juga sepakat untuk mengakselerasi proses penandatanganan Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) sebagai tindak lanjut pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada akhir tahun 2023.

Selain itu, Airlangga meminta dukungan Jepang dalam kerangka The Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP) untuk membuka akses pasar yang lebih luas.

Baca juga: Menko Perekonomian tekankan pentingnya kolaborasi ASEAN dan GCC dalam WEF 2024
Baca juga: Menko harap sektor ritel jadi tulang punggung


Menurut Airlangga, pertemuan bilateral tersebut mencerminkan komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan ekonomi dan sosial yang kompleks di era globalisasi ini.

"Dengan MCM 2024 sebagai panggungnya, Indonesia dan Jepang bersatu dalam tekad untuk memimpin diskusi global yang objektif, andal, dan berkelanjutan, menuju pertumbuhan yang inklusif dan masa depan yang lebih baik bagi semua," tutup Airlangga.