Pembalap Verstappen garis bawahi kemenangannya di Spanyol

id Max Verstappen,Hasil F1 GP Spanyol 2024,Formula 1,F1,GP Spanyol

Pembalap Verstappen garis bawahi kemenangannya di Spanyol

Pembalap Red Bull asal Belanda Max Verstappen merayakan kemenangan di podium Grand Prix Formula Satu Spanyol di Sirkuit de Catalunya pada Minggu (23/6/2024) di Montmelo, di pinggiran Barcelona. (ANTARA/AFP/Thomas Coex)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen menggaris bawahi kemenangannya pada seri kesepuluh Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Spanyol 2024 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (23/6) adalah karena start balapan yang bagus.

Verstappen yang memulai balapan dari P2 di belakang pembalap McLaren Lando Norris, menjaga posisinya selepas balapan 66 lap itu dimulai di bawah pimpinan balapan yang diambil George Russell pada tikungan pertama.

Pembalap asal Belanda itu terus menguntit Russell hingga kemudian mengambil alih posisi pertama pada lag ketiga. Dari sana, Verstappen berhasil mengatasi degradasi ban hingga garis finis untuk mengamankan kemenangan ketujuhnya dari 10 GP yang digelar sejauh musim ini.

“Saya pikir apa yang membuat itu adalah permulaan, saya memimpin di awal Lap 3," kata Verstappen, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

"Begitu saya memimpin, saya bisa menjaga ban saya sedikit lebih baik, dan itu jelas membuat balapan saya hari ini," imbuhnya.

Verstappen memenangi balapan 66 lap dengan waktu 1 jam 28 menit 20,227 detik, unggul 2,219 detik dari Norris yang sempat memberikan ancaman pada lap-lap terakhir sebelum akhirnya finis posisi kedua.

“Saya pikir setelah itu, kami harus menjalani balapan yang cukup defensif, Anda tahu? Lando dan McLaren, mereka sangat, sangat cepat hari ini, terutama pada derajat, tampaknya selalu pada beberapa lap terakhir tugasnya, mereka sangat, sangat cepat," ucap Verstappen.

“Tetapi kemudian saya pikir kami melakukan segalanya dengan baik, kami berkendara dengan cukup baik, menurut saya, strategi yang agresif, tapi untungnya itu membuahkan hasil hingga akhir," tambahnya.

Pembalap 26 tahun itu menjelaskan kuncinya mempertahankan posisi pertama dari kejaran Norris adalah soal bagaimana mengatur pengelolaan ban.

“Ini hanya soal mengatur ban, ban menjadi sangat panas di sekitar sini dengan semua tikungan dalam kecepatan tinggi," ujarnya.

Baca juga: Pembalap Verstappen ungguli Leclerc pada sesi sprint race
Baca juga: Perempat final Thomas Uber hingga final Piala Asia U-23


Kemenangan Verstappen membuatnya menjauh di posisi pertama klasemen sementara dengan 219 poin, unggul 69 poin dari Norris di posisi kedua, dan unggul 71 poin dari pembalap Ferrari Charles Lecrerc yang turun ke posisi ketiga.

Sementara pada klasemen konstruktor, timnya Red Bull masih memimpin dengan 330 poin, diikuti Ferrari dengan 270 poin, dan McLaren dengan 237 poin. Seri kesebelas F1 musim ini akan beralih ke Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg pada akhir pekan ini, Minggu (30/6) pukul 20.00 WIB.