NTB Siapkan Delapan Kegiatan di Bau Nyale

id BAU NYALE, LOMBOK

NTB Siapkan Delapan Kegiatan di Bau Nyale

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal.

Secara keseluruhan ada delapan kegiatan yang kita siapkan untuk acara pesta Bau Nyale ini
Mataram (Antaranews.com) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan delapan item kegiatan untuk meriahkan acara budaya Bau Nyale (menangkap cacing laut) yang diselenggarakan di pantai Seger, Kabupaten Lombok Tengah pada 6-7 Maret 2018.

"Secara keseluruhan ada delapan kegiatan yang kita siapkan untuk acara pesta Bau Nyale ini," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa.

Sejumlah acara yang disiapkan tersebut, antara lain musik, peran Mandalika travel fair, pameran, penampilan kesenian. Bahkan, kegiatan ini akan diisi lomba voli yang akan diikuti 22 provinsi dan 8 negara.

Ia menegaskan, karena acara Bau Nyale ini sudah masuk agenda pariwisata nasional, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan acara tersebut.

"Pemerintah sudah siap mem-back-up. Karena Bau Nyale masuk `event` nasional," ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan Bau Nyale tahun ini ditetapkan pada awal Maret, yakni tanggal 6-7 Maret berdasarkan "Sangkep Warige" pemangku empat penjuru mata angin yang dilaksanakan terbuka di Pantai Seger, Kecamatan Kuta Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Tradisi unik ini diadakan setiap tahun pada hari ke 20 bulan ke 10 dalam Kalender Sasak tradisional yang jatuh setiap tahunnya. Bau dalam bahasa Lombok berarti "menangkap" dan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya ada sekitar waktu saat ini sepanjang tahun. Karena itu, Bau Nyale adalah upacara meriah saat banyak orang menangkap Nyale di sepanjang sejumlah pantai terbaik di Lombok. Bagi orang-orang di Pulau Lombok, Festival Bau Nyale adalah tradisi yang terkait erat dengan legenda Putri Mandalika. (*)