Carlos Pena cukup puas penampilan dua debutan muda Persija

id piala presiden 2024,persija jakarta,carlos pena,muhamad zahaby gholy,aditya warman

Carlos Pena cukup puas penampilan dua debutan muda Persija

Pelatih Persija Jakarta Carlos Pena (ANTARA/HO/FC RATCHABURI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Jakarta Carlos Pena merasa cukup puas dengan penampilan dua pemain muda debutan, Muhamad Zahaby Gholy dan Aditya Warman, pada pertandingan Grup B Piala Presiden 2024 melawan Madura United, Minggu malam.
 

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, tersebut, Gholy dan Aditya Warman dimainkan sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Saat keduanya dimasukkan, Persija telah menggenggam keunggulan 2-1 atas Madura yang bertahan sampai akhir permainan.

“Mereka membantu tim untuk mempertahankan hasil, dan saya suka bekerja dengan para pemain muda. Mereka layak dimainkan, dan mereka berlatih pada pekan lalu, maka mereka memiliki peluang, mereka memiliki kesempatan, mereka membantu tim. Maka selamat untuk mereka,” kata Carlos pada konferensi pers seusai pertandingan.

Gholy sebelumnya sempat mencuri perhatian pencinta sepak bola nasional saat memperkuat timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 awal Juli ini.

Ia bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik di ajang tersebut. Sedangkan Aditya Warman sebelumnya merupakan pemain Persija U-20 sejak 2023, dan baru pada musim ini dipromosikan ke tim pertama Macan Kemayoran.

Pada pertandingan melawan Madura, Carlos memainkan hampir semua pemain pengganti yang dibawanya. Hanya Muhammad Alwi Fadilah, Jehan Pahlevi, Aji Kusuma, dan kiper Cahya Supriyadi yang tidak dimainkannya.

Sedangkan selain Gholy dan Aditya Warman, pemain-pemain pengganti lain yakni Rio Fahmi, Ramon Bueno, Maciej Gajos, Akbar Arjunsyah, Gustavo Almeida, dan Witan Sulaeman diberi kesempatan bermain pada babak kedua.

Carlos menilai hal itu dilakukannya untuk menguji mayoritas pemain yang dibawanya ke Bali, sekaligus sebagai pencegahan risiko cedera.

“Kami memainkan tiga pertandingan dalam durasi yang singkat, ada risiko cedera, kami perlu memaksimalkan semua skuad. Dan saya sangat senang dengan para pemain inti dan para pemain pengganti, karena mereka memiliki dampak besar di permainan, sehingga kami dapat bangkit pada babak kedua,” tutur Carlos.

“Ini akan menjadi turnamen di mana kami memainkan semuanya. Maka sebelum pertandingan saya merasa ini merupakan kesempatan yang bagus, untuk semua pemain yang kami miliki,” tambah pelatih asal Spanyol itu.

Baca juga: Persija bangkit dari ketinggalan menang 2-1 atas Madura United
Baca juga: Maman dan Toncip tinggalkan Persija Jakarta

Sementara itu, kapten tim Rizky Ridho, mengakui bahwa timnya memulai laga dengan kurang maksimal, meski bersyukur tetap mampu menutupnya dengan kemenangan.

“Alhamdulillah pertandingan hari ini berjalan lancar dan kita mendapat tiga poin. Untuk pertama mungkin kita seperti yang disampaikan coach, kita belum siap. Dari pemanasan pun coach sudah bilang kalau kami pemanasan kurang baik. Dan saya mengalami sendiri,” ujar bek yang juga merupakan pemain timnas Indonesia itu.

Pada pertandingan berikutnya, Persija akan menantang Arema FC pada Rabu (24/7). Sedangkan Madura United akan meladeni tuan rumah Bali United pada hari yang sama.