HIPMI NTB targetkan bentuk 10.000 pengusaha baru

id Hipmi NTB

HIPMI NTB targetkan bentuk 10.000 pengusaha baru

Ketua HIPMI NTB Syawaludin (Foto Antaranews NTB/ist)

Sebanyak 10.000 pengusaha muda baru yang akan kami bentuk berasal dari mahasiswa perguruan tinggi yang ada di NTB
Mataram (Antaranews NTB) - Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Nusa Tenggara Barat Syawaludin akan menjalankan program pembentukan sebanyak 10.000 pengusaha baru pada periode pertamanya sebagai pimpinan baru di organisasi.

"Sebanyak 10.000 pengusaha muda baru yang akan kami bentuk berasal dari mahasiswa perguruan tinggi yang ada di NTB," kata Syawaludin.

Pria yang menggantikan Sultan Kertapati sebagai Ketua HIPMI NTB ini mengatakan sebagai organisasi tempat berhimpun pengusaha muda, dirinya memastikan akan bersinergi dengan pemerintah daerah.

Hal itu perlu dilakukan untuk terus mendorong dan menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan pemuda dengan memanfaatkan potensi di sekitarnya, terutama sumber daya alam NTB yang begitu melimpah.

"Untuk memotivasi pemuda agar mau terjun ke dunia bisnis, tentu dengan membangun sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah," ujar Ketua DPC Partai Gerinda Kabupaten Lombok Timur ini.

Saat ini, kata dia, semangat kalangan anak muda untuk berwirausaha atau menjadi pengusaha cukup bagus. Hal itu disebabkan karena peluang dan jenis usaha baru yang mulai bermunculan seiring perkembangan teknologi informasi.

Oleh karena itu, sebagai Ketua HIPMI NTB terpilih siap membimbing dan mengarahkan kepada para pengusaha pemula, notabenenya anak-anak muda, untuk terus mengembangkan dam memajukan usaha tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Aweng ini, pekerjaan rumah yang perlu segera dikerjakan adalah bagaimana mengubah pola pikir generasi muda. Dari pemikiran tradisional menjadi pegawai negeri sipil menjadi berpikir bagaimana melirik sektor kewirausahaan yang potensinya tidak kecil di NTB.

"Berwirausaha atau menjadi pengusaha adalah solusi terhadap lapangan pekerjaan ada. Prinsip utama menjadi pengusaha harus ada keberanian dan mampu menangkap potensi peluang usaha yang ada di sekitarnya," ujarnya.

BPD HIPMI NTB telah memilih ketua baru melalui musyawarah daerah ke-13 yang berlangsung pada Kamis (1/3).

Dalam musyawarah daerah tersebut, Syawaluddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua HIPMI NTB periode 2018-2021. (*)