BKPSDM: PPPK ikut seleksi CASN di Mataram harus izin kepala daerah

id BKPSDM Mataram,CPNS,Formasi,PPPK,ASN,CASN ,P3J

BKPSDM: PPPK ikut seleksi CASN di Mataram harus izin kepala daerah

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Taufik Priyono. ANTARA/Nirkomala.

Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ingin ikut seleksi rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024, harus mendapat izin dari kepala daerah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Taufik Priyono di Mataram Kamis mengatakan, hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 6 tahun 2024.

Peraturan Pemerintah itu menyebutkan PPPK boleh ikut seleksi CASN tapi harus ada izin dari pejabat berwenang dalam hal ini Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau kepala daerah.

"Tapi sampai saat ini, kami belum melakukan koordinasi dengan wali Kota Mataram apakah akan memberi izin atau tidak," katanya kepada sejumlah wartawan.

Baca juga: Rekrutmen PPPK di Mataram mulai Juni 2024

Apabila PPPK diberikan izin ikut seleksi CASN, maka Kota Mataram kembali akan kekurangan aparatur sipil negara (ASN) yang sudah ada, sementara formasi yang diberikan setiap tahun terbatas.

"Apalagi PPPK dari luar Kota Mataram juga bisa ikut serta seleksi CASN sebab rekrutmen CASN  dilaksanakan secara terbuka," katanya.

Menurut Taufik, jumlah PPPK di Kota Mataram secara keseluruhan saat ini tercatat 1.427 orang, dengan usia rata-rata di atas 35 tahun.

Sementara yang PPPK yang boleh ikut seleksi CASN adalah PPPK yang masih berusia di bawah 35 tahun yang jumlahnya relatif sedikit, dan kemungkinan hanya ada di tenaga kesehatan (nakes).

"Kalau untuk PPPK guru dan tenaga teknis, rata-rata usia di atas 35 tahun," katanya.

Baca juga: Sebanyak 341 honorer K2 di Mataram diusulkan jadi PPPK

Sementara menyinggung tentang jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN, kata Taufik, hingga hari ini belum ditetapkan jadwal pelaksanaan, namun untuk tahap awal dilakukan seleksi CASN, dan tahap kedua baru dibuka seleksi PPPK.

"Sekarang staf kami sedang berada di Jakarta untuk menerima penetapan formasi CASN. Sedangkan informasi tahapan selanjutnya, kita masih menunggu," katanya.

Taufik menyebutkan, jumlah formasi CASN  2024 yang diusulkan Pemerintah Kota Mataram sebanyak 93 formasi, terdiri atas 13 formasi tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis.

Sedangkan untuk PPPK diusulkan sebanyak 583 formasi, terdiri atas tenaga guru 96 formasi, tenaga kesehatan 87, dan tenaga teknis 400 formasi.

Baca juga: Sebanyak 480 PPPK Mataram mengikuti orientasi nilai dasar ASN
Baca juga: Pemkot Mataram mengusulkan 685 formasi CPNS dan PPPK pada rekrutmen 2024