PIN Polio di Lombok Tengah capai 95,9 persen

id PIN 2024,Bebas Polio ,Lombok Tengah ,NTB,PIN,Anak,Sweeping,Pembersihan,kasus Polio,olio,Desa,Kecamatan,Puskes,Puskesmas

PIN Polio di Lombok Tengah capai 95,9 persen

Petugas saat melaksanakan kegiatan PIN Polio pada anak di Puskesmas Puyung Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB. ANTARA/Akhyar Rosidi.

Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan capaian pelaksanaan pekan imunisasi nasional (PIN) Polio hingga 5 Agustus 2024 sebanyak 95,9 persen dari total target 151.608 anak usia 0-7 tahun.

"Total capaian vaksin polio di Lombok Tengah pada tahap pertama itu sebanyak 145.340 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah Suardi di Lombok Tengah, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk memaksimalkan capaian PIN Polio di Lombok Tengah, pihaknya melakukan sweeping mendatangi rumah anak maupun sekolah yang belum divaksin atau diberikan imunisasi polio.

"Kami melakukan jemput bola dengan menurunkan petugas langsung ke posyandu terdekat atau mendatangi sekolah," katanya.

Baca juga: Bupati Pathul: PIN polio di Lombok Tengah harus sukses

Ia mengatakan, imunisasi Polio ini bentuknya tetes, efeknya sangat minimal dan untuk menjaga kesehatan anak-anak sejak usia dini atau supaya tidak terkena kasus polio.

"Imunisasi polio ini untuk kesehatan anak-anak," katanya.

Putaran kedua PIN polio dimulai tanggal 6-12 Agustus selama 7 hari. Tanggal 13-17 Agustus selama lima hari kembali dilakukan sweeping, dan dipastikan tidak ada anak satu pun yang terlewati Imunisasi.

"Capaian PIN Polio di Lombok Tengah sesuai dengan target," katanya.

Baca juga: Sebanyak 151.608 anak di Lombok Tengah jadi target PIN Polio 2024

Sasaran program PIN 2024 di Lombok Tengah adalah 151.608 anak usia 0-7 tahun, dan pelayanan tersebar di 2.800 pos pelayanan di 154 desa di 12 kecamatan, sehingga pelaksanaan imunisasi 2024 ini dipastikan selesai sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. "Kami menyiapkan 2.800 pos pelayanan," katanya.

Kasus polio di Lombok Tengah saat ini tidak ada atau nihil, namun pelaksanaan imunisasi ini tetap dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus polio di Lombok Tengah khususnya.

"Kasus polio di Lombok Tengah tidak ada," katanya.