PIN Polio putaran kedua di Lombok Tengah capai 91 persen

id PIN Polio ,Lombok Tengah ,NTB,capaian target PIN Polio

PIN Polio putaran kedua di Lombok Tengah capai 91 persen

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB Suardi di Lombok Tengah, Rabu (21/08/2024). ANTARA/Akhyar Rosidi

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran kedua yang sedang dilaksanakan pada Agustus 2024 ini telah mencapai 91 persen dari jumlah sasaran 151.608 anak usia 0-7 tahun.

"Capaian PIN polio putaran dua ini baru 91 persen dan program ini masih dilaksanakan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah Suardi di Lombok Tengah, Rabu.

Untuk mempercepat realisasi target pelaksanaan PIN di Lombok Tengah, petugas sedang melakukan sweeping kepada anak yang belum mendapatkan Imunisasi polio.

"Kami sedang melakukan sweeping imunisasi polio bagi anak yang belum dengan menyasar sekolah dan posyandu," katanya.

Baca juga: PIN Polio di Lombok Tengah capai 95,9 persen

Ia mengatakan capaian PIN polio pada putaran pertama di Lombok Tengah itu mencapai 97 persen dari target yang telah ditentukan pemerintah, sehingga untuk putaran kedua ini ditargetkan bisa mencapai 100 persen.

"Kami optimistis bisa mencapai target," katanya.

Ia mengatakan melihat dari capaian imunisasi polio tersebut, kesadaran masyarakat untuk mendukung program tersebut cukup tinggi, sehingga pihaknya terus memberikan edukasi terhadap dampak dari PIN polio yang dilaksanakan pemerintah.

"PIN polio ini untuk menjaga kesehatan anak-anak atau supaya bebas dari polio," katanya.

Baca juga: Bupati Pathul: PIN polio di Lombok Tengah harus sukses

Sesuai dengan jadwal untuk putaran kedua PIN polio dimulai tanggal 6-12 Agustus selama 7 hari.

Kemudian tanggal 13-17 Agustus selama 5 Hari kembali dilakukan sweeping dan dipastikan tidak anak satu pun yang terlewati Imunisasi, namun sweeping PIN Polio dilaksanakan pasca HUT RI.

Pelayanan PIN polio 2024 tersebar di 2.800 pos pelayanan di 154 desa di 12 kecamatan di Lombok Tengah, sehingga pelaksanaan imunisasi 2024 ini dipastikan selesai sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan.

"Kami menyiapkan 2.800 pos pelayanan," katanya.

Baca juga: Warga Lombok Tengah diajak sukseskan imunisasi polio