Kehadiran Grab tingkatkan pemberdayaan UMKM di NTB

id NTB,Lombok ,Sumbawa ,Grab

Kehadiran Grab tingkatkan pemberdayaan UMKM di NTB

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Ahmad Mashuri (ANTARA/HO-Dokumen Antara)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan apresiasi kehadiran perusahaan ride-hailing Grab yang dinilai telah membuka peluang usaha dan mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami sangat mendukung pembangunan dari semua sisi baik itu dari pemerintah maupun swasta," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Ahmad Mashuri melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Rabu.

Grab menyelenggarakan Kota Masa Depan, program digitalisasi UMKM dan pelaku pariwisata lokal dengan memberikan edukasi dan literasi, membantu UMKM untuk dapat langsung berjualan di platform digital sehingga bisa menjangkau konsumen, khususnya wisatawan di Labuan bajo dan Pulau Lombok dengan lebih mudah, cepat, dan luas.

"Selama program itu menguntungkan UMKM, apalagi digitalisasi yang merupakan sebuah keniscayaan, pasti kami dukung," katanya.

Baca juga: Grab luncurkan Tourism Safety dan Security Center di Pulau Lombok

Selama ini juga pihaknya telah melakukan program digitalisasi UMKM yang selaras dengan apa yang dilakukan oleh Grab. Mulai dari pendidikan dan pelatihan digitalisasi UMKM, bimbingan teknis, dan mengajak berbagai pihak, serta diajak pihak lainnya untuk melakukan digitalisasi.

“Pada saat MotoGP Tahu lalu kami juga melakukan pelatihan digitalisasi," katanya.

Lebih lanjut Ahmad Mashuri menyebutkan pihaknya juga  melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota untuk melakukan digitalisasi.

"Kami akan mendukung kehadiran Grab dengan digitalisasi UMKM dan pelaku pariwisata lokal," katanya.

Baca juga: Kemenkop UKM-Grab bersinergi duniakan UMKM NTB lewat MotoGP

Grab juga meluncurkan Pusat Keamanan dan Keselamatan Wisatawan di Labuan Bajo dan Pulau Lombok, yang merupakan sebuah laman yang memberikan informasi lengkap kontak darurat serta dapat diakses melalui aplikasi, antara lain daftar sambungan telepon 24 jam khusus laporan terkait kekerasan seksual, SAPA 129, alamat kantor kepolisian dan kedutaan, daftar rumah sakit dan Basarnas.

Baca juga: Grab hadirkan layanan WhatsApp booking di Mataram