Atlet balap sepeda Fadli Imanuddin fokus ke dua nomor tersisa

id Paralimpiade 2024, Para balap sepeda, Muhammad Fadli, olahraga

Atlet balap sepeda Fadli Imanuddin fokus ke dua nomor tersisa

Pebalap sepeda Indonesia, Fadli Imammuddin dalam pertandingan babak kualifikasi nomor Individual Pursuit 4000m C4 Putra cabang olahraga para balap sepeda Paralimpiade Paris 2024 di di Saint-Quentin-en-Yvelines Velodrome, Montigny-le-Bretonneux, Prancis pada Sabtu (31/08/2024). ANTRA/NPC INDONESIA/Agung Wahyudi

Jakarta (ANTARA) - Atlet para balap sepeda Indonesia, Muhammad Fadli Imammuddin masih kesulitan mengimbangi wakil Eropa di nomor individual persiut (IP) 4000 meter putra klasifikasi C4 dalam ajang Paralimpiade Paris 2024. Fadli kini fokus memburu prestasi pada dua nomor tersisa.
 
Wakil Eropa masih tidak terbendung pada kategori trek ini. Dalam perlombaan yang berlangsung di Saint Quentin en Yvelines Velodrome, Montigny le Bretonneux pada Sabtu (31/8) pukul 16.00 WIB, empat tiket perebutan medali jadi milik wakil Eropa.
 
Fadli Imammuddin harus puas berada di urutan ke-10 dengan catatan waktu 4 menit 51,817 detik. Catatan waktu tersebut lebih lambat satu detik dari yang dicatatkan Fadli pada Paralimpiade Tokyo 2020 lalu.
 
Fadli menjadi wakil tunggal Asia yang lolos pada nomor IP 4000 meter putra C4, dengan sembilan pesaing datang dari Eropa dan dua lainnya dari benua Amerika.
 
Waktu tercepat dicatatkan Archie Atkinson dari Britania Raya dengan catatan waktu 4 menit 17,7 detik. Raihan tersebut menjadi rekor dunia baru untuk IP 4000 putra C4 yang sebelumnya tercatat 4 menit 22,772 detik.
 
Di belakang Archie Atkinson ada pemegang rekor dunia lama dari Slovakia, Jozef Metelka dengan catatan waktu 4 menit 22,800 detik.
 
Lalu, wakil Perancis, Kevin le Cunff finish dengan catatan waktu 4 menit 25,283 detik dan rekan senegaranya, Gatien le Rousseau menempel dengan catatan waktu 4 menit 25,366 detik.
 
Pelatih para balap sepeda Indonesia, Rizan Setyo Nugroho, menilai dominasi nomor track oleh wakil Eropa memang sulit ditandingi. Bahkan, pada Paralimpiade 2024, ada banyak atlet baru yang menunjukkan performa menawan.
 
"Lawannya sangat luar biasa. Banyak sekali atlet-atlet muda. Sekarang pun tercipta rekor dunia yang baru. Negara-negara Eropa mengeluarkan atlet baru dan masih muda-muda," jelas Rizan Setyo dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade Indonesia (NPC) yang diterima di Jakarta.

Kini Fadli akan fokus untuk memburu prestasi di dua nomor tersisa yaitu Individual Time Trial (ITT) dan Individual Road Race (IRR) klasifikasi C4.
 
"Kita perlu persiapkan lagi karena untuk nomor road itu ada di luar ruangan, sedangkan cuaca berubah sangat drastis. Jadi perlu menyesuaikan diri lagi," ucap Rizan Setyo.
 
Sementara itu, Fadli Imammuddin mengatakan nomor track secara realistis memang sangat dikuasai wakil Eropa. Dia mengatakan bahwa pengalaman berlaga pada Paralimpiade 2024 ini menjadi modal bersaing di Asia, khususnya ajang ASIAN Para Games 2026 di Jepang.
 
"Dari awal zonanya memang masih Asia, tingkatan dunia ini hanya untuk memperbaiki waktu saja karena gap-nya cukup jauh. Ini menjadi catatan penting untuk Asian Para Games ke depan," jelas Fadli.

Baca juga: Kemenpora tetap dukung Bernard Van Aert
Baca juga: Pembalap sepeda Bernard duduki posisi ke-20
 
Fadli berharap bisa memperbaiki personal best time pada pada nomor Individual Time Trial (ITT) dan Individual Road Race (IRR). Dia tidak ingin finish di urutan belakang lagi pada Paralimpiade Paris 2024.
 
"Besok baru akan tes rute. Mudah-mudahan bisa memperbaiki posisi dari yang sekarang," ungkap Fadli.
 
Pada ajang Paralimpiade 2024 ini, Muhammad Fadli Imammuddin merupakan wakil tunggal kontingen Indonesia untuk cabang olahraga para balap sepeda.