Pj Gubernur NTB minta atlet berjuang maksimal dalam pertandingan PON XII

id pon xii,pekan olahraga nasional,kontingen pon ntb,atlet pon,pon aceh sumut

Pj Gubernur NTB minta atlet berjuang maksimal dalam pertandingan PON XII

Penjabat Gubernur NTB Hassanudin (kanan) melepas atlet untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XII di Gelanggang Pemuda Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/HO-Diskominfotik NTB)

Mataram (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Hassanudin meminta seluruh atlet dari daerahnya untuk berjuang maksimal dalam pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Saya memberi dukungan penuh kepada kontingen PON NTB untuk mengikuti seluruh rangkaian pertandingan," ujarnya dalam keterangan di Mataram, Selasa.

Nusa Tenggara Barat mengirimkan sebanyak 518 orang yang terdiri dari 251 atlet, 80 pelatih, dan 187 ofisial mengikuti 44 pertandingan cabang olahraga dan tampil pada defile kontingen peserta PON.

Hassanudin menuturkan kontingen NTB menargetkan 20 medali emas dalam ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diadakan setiap empat kali tersebut.

Baca juga: Regu putri Lampung akui keunggulan NTB setelah kalah 1-2

Menurutnya, target capaian itu adalah angka yang realistis bila melihat kekuatan atlet dan berbagai persiapan yang telah dilakukan sebelum bertanding.

"Apapun hasilnya nanti, masyarakat dan pemerintah tetap bangga dengan perjuangan para atlet NTB yang telah berjuang maksimal untuk mempersembahkan yang terbaik," kata Hassanudin.

PON XXI menjadi ajang pertandingan olahraga yang pertama kali dilaksanakan oleh dua provinsi secara bersamaan, yakni Aceh dan Sumatra Utara. Perhelatan itu melibatkan 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan.

Baca juga: Pickleball siap menyumbang medali untuk NTB di PON Aceh-Sumut

PON XII juga menandai debut empat Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan, serta kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebanyak 13.000 atlet dari berbagai daerah bersaing dalam ajang olahraga terbesar di tanah air tersebut yang akan berlangsung hingga 20 September 2024.

Setelah Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON, maka lokasi tuan rumah selanjutnya juga digelar dua provinsi Nusa Tenggara, yakni Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada tahun 2028 mendatang.

Baca juga: Hoki indoor putri NTB petik kemenangan perdana tumbangkan Lampung 3-0
Baca juga: Pj Gubernur lepas kontingen NTB untuk berlaga di PON 2024