Pickleball siap menyumbang medali untuk NTB di PON Aceh-Sumut

id NTB,Pickleball,PON Aceh-Sumut 2024

Pickleball siap menyumbang medali untuk NTB di PON Aceh-Sumut

Arsip - Pelatih dan atlet Pickleball Nusa Tenggara Barat (NTB) saat pelepasan atlet PON NTB bersama Ketua KONI NTB Mori Hanafi dan tokoh olahraga NTB, HMNS Kasdiono di Gelanggang Pemuda Mataram, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Atlet cabang olahraga pickleball Nusa Tenggara Barat siap memberikan penampilan terbaik dan mempersembahkan medali untuk provinsi tersebut di Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumatera Utara 2024 meski cabang olahraga tersebut masuk kategori ekshibisi. 

"Kami menargetkan dapat meraih medali emas," ujar pelatih pickleball NTB Guntur saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, Minggu.

Ia menyebutkan di PON Aceh-Sumut, NTB menurunkan empat atlet masing-masing dua putra dan dua putri, yang akan berlaga di tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri serta ganda campuran.

"Jadi total ada enam nomor yang akan diikuti atlet NTB di pickleball," sebut Guntur.

NTB, kata Guntur, menerjunkan atlet-atlet muda yang nantinya dipersiapkan untuk berlaga di PON 2028 di NTB-NTT.

"Ke depan kita akan menjadi tuan rumah bersama NTT. Tentu ini sebagai langkah persiapan sehingga ketika di PON NTB-NTT atlet-atlet ini jauh lebih siap dan matang," katanya.

Menurutnya, meski baru cabang olahraga ekshibisi di PON Aceh-Sumut, pihaknya berharap pada saat PON XXII di NTB-NTT sudah dapat dipertandingkan.

"Kenapa karena pickleball salah satu cabang olahraga yang sedang berkembang di Indonesia, termasuk di NTB. Hal itu ditandai dengan mulai bermunculan klub-klub pickleball dan berbagai turnamen di NTB," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat NTB untuk terus mendoakan semoga atlet pickleball NTB dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk mengharumkan nama NTB di kancah nasional.

Diketahui total 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin dan 528 nomor yang akan dipertandingkan termasuk beberapa cabang olahraga baru dan cabang olahraga yang bakal diujicobakan secara ekshibisi pada PON kali ini.

Baca juga: Bercengkrama ditemani secangkir kopi di Kedai Solong-Aceh
Baca juga: Lifter Tsabitha lebih cemas saat tampil di ajang PON


Ada 15 cabang olahraga baru yang turut serta dipertandingkan di PON Aceh-Sumut, di antaranya arung jeram, hapkido, kurash, rugby, trialthon, woodball, barongsai, esport, jiujitsu, kabaddi, kick boxing, pentaque, sambo, soft tenis, dan gateball.

Sedangkan delapan cabang olahraga yang bakal diujicobakan secara ekshibisi pada PON 2024, yakni ice skating, padel, teqball, floorball, pickleball, mix martial art, bola tangan pantai, panahan berkuda.