Dua formasi CPNS di Mataram kosong pelamar

id Formasi CPNS ,Kota Mataram,BKPSDM Kota Mataram,cpns,pelamar

Dua formasi CPNS di Mataram kosong pelamar

Ilustrasi: aktivitas pegawai di Kantor Wali Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak dua formasi dari 93 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Mataram kosong pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Taufik Priyono di Mataram, Rabu, mengatakan, dua formasi yang kosong pelamar itu adalah satu formasi dokter spesialis dermatologi dan venereologi dan satu formasi penata kelola layanan kesehatan kategori untuk penyandang disabilitas.

"Sampai pukul 23.59 Wita, Selasa (10/9-2024), tidak ada satupun pelamar yang memilih dua formasi tersebut," katanya.

Baca juga: Pendaftaran CPNS di Mataram diperpanjang hingga 10 September

Dengan demikian, lanjutnya, formasi CPNS Kota Mataram sebanyak 93 formasi terdiri atas 13 formasi tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis, berkurang menjadi 91 formasi.

Dikatakan, formasi dokter spesialis tersebut merupakan usulan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram yang saat ini sangat membutuhkan.

"Sedangkan kuota untuk penyandang disabilitas memang formasi wajib yang harus kami siapkan. Namun, ternyata tidak ada yang mendaftar," katanya.

Di sisi lain, Taufik menyebutkan, hingga penutupan pendaftaran CPNS, jumlah pelamar di Kota Mataram tercatat sebanyak 2.152 pendaftar.

Baca juga: Pelamar CPNS di Mataram tercatat 464 orang

Dengan rincian 1.515 pelamar sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS), dan 128 pelamar tidak memenuhi syarat (TMS), dan 509 masih dalam tahap verifikasi.

"Dari 2.152 pelamar itu, terdapat 109 pelamar yang sudah masuk akun Kota Mataram namun tidak submit," katanya.

Dia mengakui, dengan jumlah formasi sedikit yakni 93 tapi pelamar mencapai 2.152, Kota Mataram tetap menjadi tujuan favorit pelamar CPNS.

Meskipun target estimasi sebanyak 3.000 pelamar tidak terpenuhi karena tenaga penunjang kegiatan atau honorer tidak mau ambil resiko untuk ikut melamar.

"Apalagi, regulasi-nya satu orang untuk satu akun," katanya.

Baca juga: Dinkes Mataram tunggu arahan terkait layanan tes kesehatan CPNS

Taufik mengatakan, setelah tahapan penutupan pendaftaran saat ini masuk tahap seleksi administrasi sampai 17 September 2024, kemudian pengumuman hasil seleksi tanggal 14-19 September 2024.

Konfirmasi penggunaan nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tahun 2024 oleh peserta seleksi tanggal 18-28 September, masa sanggah tanggal 20-22 September, jawab Sanggah tanggal 20-24 September 2024.

"Pengumuman pascamasa sanggah tanggal 23-29 September 2024," katanya.

Baca juga: Keterbatasan e-meterai kendala pelamar CPNS di Mataram