Mekaki Marathon 2018 digelar akhir pekan

id Mekaki Marathon

Mekaki Marathon 2018 digelar akhir pekan

Rute Blibli Mekaki marathon 2018 (Antaranews NTB/Ist)

Kita mulainya jam 06.30 Wita, itu untuk rute 10K (10 kilometer), jeda sepuluh menit kemudian, kita lepas yang peserta 5K (5 kilometer)
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Kegiatan Blibli Mekaki Marathon 2018, olahraga lari yang menampilkan suasana pantai di ujung selatan wilayah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, akan digelar pada Minggu (28/10) pagi.

"Kita mulainya jam 06.30 Wita, itu untuk rute 10K (10 kilometer), jeda sepuluh menit kemudian, kita lepas yang peserta 5K (5 kilometer)," kata Didit Santoso, "Race Director" dari Blibli Mekaki Marathon 2018 di Gerung, Sabtu.

Dia menambahkan, meskipun rute yang dibuka hanya dua kategori dengan rute lebih pendek dibandingkan kegiatan Mekaki Marathon 2017, namun para peserta diberikan batas waktu tempuh.

"Jadi mereka yang berhasil `finish`, menyelesaikan rute sebelum batas waktu, akan dapat medali," ujarnya.

Untuk rute 10K, jelas Didit, batas waktu yang diberikan hanya 2,5 jam. Sedangkan untuk rute 5K, batas waktu tempuhnya 1,5 jam.

"Ini waktu yang cukup panjang, dengan pertimbangan rute pendek tapi di situ ada tanjakan, jadi cukup menantang untuk peserta," ucapnya.

Lebih lanjut, Didit mempersilakan bagi para pelari untuk dapat hadir lebih awal dan sudah berada di garis "start" yang terletak di "race central", Pantai Mekaki, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, satu jam sebelumnya.

"Paling telat jam 5.45 Wita jalur sudah steril. Jadi kalau ada yang telat, kendaraannya harus disimpan dititik yang sudah ditentukan, terus jalan ke garis `start`," katanya.

Lebih lanjut, Juria Ambar Haruni, Project Director Blibli Mekaki Marathom 2018, mengatakan bahwa pelepasan peserta lari akan langsung oleh Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah.

Bahkan Doktor Zul, sapaan akrab dari Gubernur NTB yang belum lama ini dilantik dikatakan ikut berpartisipasi dalam ajang "sport tourism" tahunan tersebut.

"Nantinya Bapal Doktor Zul didampingi Bupati Lombok Barat Bapak Fauzan Khalid yang akan melepas peserta 10K. Setelah itu, beliau-beliau juga akan ikut berlari di rite 5K," ucapnya.