AOI DAN HIROTO NAMA BAYI TERPOPULER JEPANG

id

         Tokyo, 9/12 (ANTARA) - "Aoi" dan "Hiroto' menjadi dua kata yang paling populer diberikan kepada bayi di Jepang yang lahir sepanjang 2008, demikian hasil riset  perusahaan penerbit Benesse Corp.

        Nama Aoi yang berarti "biru", menempati urutan pertama bagi bayi perempuan, sedangkan Hiroto yang memiliki arti "ternama" atau "besar" merupakan nama yang paling banyak diberikan untuk bayi laki-laki, demikian Mainichi Shimbun di Tokyo, Selasa.

        Tahun sebelumnya nama Aoi menempati urutan kedua, kalah populer dibandingkan "Hina' yang sejak tiga tahun berturut-turut merajai nama bayi perempuan Jepang. Nama Hina, yang berarti matahari bersinar, menempati peringkat terpopuler kedua untuk 2008.

        Nama Aoi semakin populer setelah artis Aoi Miyazaki membintangi film drama terkenal "Atsuhime" yang ditayangkan stasiun televisi NHK.

        Urutan kedua untuk nama bayi perempuan yang populer di tahun 2008 adalah "Yui" (dibalut kelemahlembutan, atau bisa juga keunggulan). Urutan keempat "Rin" (bermartabat atau hebat) serta "Yua" (terkasih) di urutan kelima.

        Sedangkan nama bayi laki-laki Hiroto, merupakan nama bayi terpopuler dalam tiga tahun belakangan. Posisi kedua disusul "Ren" yang berarti bunga seroja. Setelah itu "Yuto" yang bermakna kelembutan hati.

        Nama lainnya yang tidak kalah populer adalah "Satoshi" yang berarti bijaksana ataupun cerdas. Penyandang nama Histoshi yang terkenal adalah Satoshi Ishii, pemenang medali emas judo di Olimpiade Beijing 2008.(*)