Cegah DBD, Sumbawa Barat ingatkan warga akan program 3M plus

id Fogging dBD,DBD

Cegah DBD, Sumbawa Barat ingatkan warga akan program 3M plus

Seorang petugas Dinas Kesehatan Kota Mataram melakukan pengasapan (Fogging) guna mencegah penyebaran demam berdarah di Kelurahan Karang Baru, Mataram, NTB.FOTO ANTARA/Ahmad Subaidi.

Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mengimbau warga untuk menerapkan program "3M Plus" untuk mencegah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P), HM Yusfi Khalid melalui laman Diskominfo Sumbawa Barat, Rabu, program 3M Plus harus dilakukan setiap keluarga di KSB untuk mencegah nyamuk-nyamuk pembawa bibit penyakit.

Tindakan fogging atau pengasapan pada nyamuk pembawa virus DBD adalah salah bentuk pencegahan, penularan dan penyebaran DBD. Meskipun begitu banyak orang yang khawatir akan efek sampingnya karena gas asap dari fogging termasuk dalam insektisida berjenis zat pyretroid sintetis, katanya.

Disebutkan, menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Jadi, setiap keluarga hendaknya melakukan 3M Plus.

"Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  3M Plus secara rutin lebih efektif daripada fogging," katanya.

PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus yang terdiri dari Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, Menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Sementara Plus-nya adalah menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

"Semoga informasi tentang pencegahan demam berdarah di atas bermanfaat. Ayo kita lakukan 3M Plus agar keluarga tak terjangkit penyakit demam berdarah," katanya.