LIMA FORMASI ARSIP CPNSD NTB TIDAK TERISI

id



          Mataram, 18/11 (ANTARA) - Lima dari tujuh formasi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2009 tidak terisi karena kurang peminat.

         "Hanya dua pelamar berdisiplin ilmu kearsipan yang mengikuti seleksi CPNSD Provinsi NTB dari tujuh formasi yang ada sehingga dipastikan sedikitnya lima formasi tidak terisi," kata Kabid Data dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Wahibullah kepada wartawan di Mataram, Rabu.

         Tujuh formasi kearsipan sebagai tenaga teknis itu merupakan bagian dari 3.402 formasi pelamar umum yang dijatahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) untuk NTB (provinsi dan sembilan kabupaten/kota termasuk Kabupaten Lombok Utara).

         Data BKD NTB menyebutkan kuota CPNSD tahun 2009 yang dijatahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) sebanyak 5.580 formasi.

         Rinciannya, sebanyak 2.066 orang tenaga honorer/tenaga kontrak, serta 3.402 formasi lainnya dijatahkan untuk pelamar umum dan 112 formasi untuk pengangkatan sekretaris desa (sekdes) menjadi PNS.

         "Khusus formasi CPNSD untuk pelamar umum yang dijatahkan Kementerian PAN untuk NTB diperuntukan 1.410 orang guru, 1.125 orang tenaga kesehatan dan 867 orang tenaga teknis," katanya.

          Penerimaan CPNSD tahun 2009 di NTB diawali dengan pendaftaran peserta seleksi yang dibuka secara serentak pada  8-22 Oktober 2009. Penerimaan berkas lamaran sehari setelah pendaftaran dibuka hingga satu hari setelah pendaftaran ditutup atau terhitung 9-23 Oktober 2009.

         Tes tertulis dilaksanakan 8 November lalu yang berlangsung secara serentak di seluruh wilayah NTB, sedangkan pengumuman hasil ujian tulis dijadwalkan 19 November 2009 .

         Panitia Seleksi CPNSD mencatat sebanyak 68.562 orang pelamar memperebutkan 3.042 kursi CPNSD di wilayah NTB, atau satu kursi CPNSD diperebutkan lebih dari 20 orang.

         Seleksi CPNSD tahun 2009 di Provinsi NTB melibatkan tiga perguruan tinggi negeri (PTN), yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Mataram (Unram), namun penandatanganan nota kesepahamannya di tiga tempat yang berbeda.

         Pelibatan ketiga PTN dalam penerimaan CPNSD tahun 2009 itu untuk kepentingan penyusunan soal ujian dan pemeriksaannya atas persetujuan pemerintahan daerah masing-masing.

         Akademisi Unpad menyusun soal untuk peserta seleksi CPNSD di Kabupaten Bima dan Kota Bima, sementara akademisi UI menyusun soal untuk Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat.

         "Sedangkan soal seleksi CPNSD untuk Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat serta Dompu, disusun oleh akademisi Unram," katnya.(*)