Pesta Kesenian Bali momentum bangkitnya ekonomi-pariwisata

id pawai PKB 2022,peed aya PKB,pembukaan PKB ke-44,Pesta Kesenian,Pesta Kesenian momentum bangkitnya ekonomi Bali,Pesta Kes

Pesta Kesenian Bali momentum bangkitnya ekonomi-pariwisata

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama dalam Pembukaan PKB ke-44 di Denpasar, Minggu (12/6/2022). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Denpasar (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-44 ini menjadi momentum penting untuk kembali bangkitnya ekonomi dan pariwisata dari dampak pandemi COVID-19.

"Kita tahu Bali kaya dengan seninya. Acara Pesta Kesenian (PK) ini sudah lebih empat dasawarsa menghasilkan kelestarian budaya, para senimannya bahkan telah menjadi maestro," kata Tito Karnavian saat membuka pawai Pesta Kesenian Bali(PKB)  ke-44 ini di Denpasar, Minggu.

Mendagri saat membuka PK-Bali ke-44 dan sekaligus melepas Peed Aya (pawai) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi itu menyebut, maestro seni dari Bali tidak saja bermain di tingkat lokal, nasional, tetapi juga hingga internasional.

"Atas nama Bapak Presiden, kami menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur dan semua pihak, mudah-mudahan sukses melaksanakan acara Pesta Kesenian ini," ucapnya.

Apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan PK-Bali tahun ini terlebih karena dapat terlaksana secara langsung dan masif. Tidak lagi seperti tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring dan kemudian pada 2021 secara hibrid (perpaduan daring dan luring).

Mantan Kapolri itu pun menyampaikan pujian atas cepatnya capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bali dari vaksinasi pertama, kedua, bahkan vaksinasi booster (penguat), daerah ini yang tertinggi sudah 70 persen.

Terkait dengan tema pelaksanaan PK-Bali ke-44, yakni "Danu Kerthi: Huluning Amreta" yang dimaknai sebagai pemuliaan air sebagai sumber kehidupan, Tito berpandangan sebagai tema yang tepat.

Oleh karena itu, Mendagri mengajak masyarakat agar terus mendengungkan upaya pemuliaan air sebagai sumber kehidupan, sehingga air akan menjadi sahabat dan tidak menyebabkan bencana.

Baca juga: Teater tari Tiongkok meriahkan Pesta Kesenian Bali 2019

Sementara itu Gubernur Wayan Koster dalam laporannya menyampaikan Pesta Kesenian Bali ke-44 akan berlangsung selama sebulan penuh dari 12 Juni-10 Juli 2022 di Taman Budaya Provinsi di Denpasar.

Tema dalam Pesta Kesenian tahun ini yakni "Danu Kerthi: Huluning Amreta" diimplementasikan dalam setiap aktivitas seni meliputi delapan materi pokok, yakni Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Workshop/ Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

 
Salah satu penampilan peserta pawai dalam Pembukaan Pesta Kesenian ke-44 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Denpasar, Minggu (12/6/2022). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendagri: Pesta Kesenian momentum bangkitnya ekonomi-pariwisata Bali