Pramuka NTB membantu pengamanan MXGP Indonesia Samota

id NTB,Pramuka,MXGP Indonesia ,MXGP Samota

Pramuka NTB membantu pengamanan MXGP Indonesia Samota

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Barat Fathul Gani. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Barat membantu pengamanan menurunkan personel untuk membantu pengamanan perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) Indonesia di Samota, Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni 2022.

"Gerakan Pramuka akan mewarnai kegiatan internasional MXGP di Samota. Pramuka akan membantu petugas untuk melakukan penyekatan kendaraan sehingga rekayasa dan arus lalu lintas dapat sesuai dengan perencanaan," ujar Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Barat Fathul Gani di Mataram, Kamis (23/6).

Ia menyatakan para anggota dan andalan daerah juga akan menonton langsung motorcross paling elite di dunia tersebut.

Baca juga: Terjual 30 ribu tiket menonton MXGP Indonesia di Samota

"Kita sangat terinspirasi dari Pak Gubernur, dulu banyak yang ragu apakah kegiatan internasional seperti ini akan bisa dilaksanakan, namun perjalanan panjang selalu dimulai dengan langkah pertama," ucap Fathul Gani yang juga Kepala Dinas Pertanian NTB ini.

Ia menambahkan Gerakan Pramuka NTB juga didorong untuk terus aktif dalam pengabdian kepada masyarakat, seperti dalam program penghijauan, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, dan kesehatan.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Polisi Artanto mengatakan dalam pengamanan MXGP Samota disiapkan 2.000 personel dengan rincian personel Polda NTB sebanyak 1.001 personel, unsur polres dan polresta 736 personel, Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes Polri 123 personel, dan 140 personel TNI.

"Seluruh personel akan di-'ploting' pada seluruh lokasi mulai kedatangan, akomodasi hotel, rute perjalanan dan lokasi di mana berlangsung sehingga seluruh penonton, ofisial dan rider merasakan keamanan dan kenyamanan," katanya.