DKI Jakarta melibatkan generasi muda rumuskan kebijakan publik

id Pembangunan Jakarta, Youth 20, Forum Pemuda Y20, anies youth 20,G20,Y20,Anies Baswedan,TransJakarta

DKI Jakarta melibatkan generasi muda rumuskan kebijakan publik

Arsip Foto - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) memberikan keterangan pers di sela acara Urban20 Sherpa Meeting di Jakarta, Rabu (23/3/2022). Acara yang dilaksanakan menjelang pertemuan para pemimpin kota dunia "Urban20 Mayors Summit 2022" serta sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia itu membahas isu perekonomian, transformasi digital, energi terbarukan serta tantangan yang dihadapi perkotaan pascapandemi. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melibatkan generasi muda dalam merumuskan kebijakan publik dan pembangunan di Ibu Kota karena kelompok usia tersebut memiliki kreativitas serta inovasi.

"Pemprov DKI pendekatannya memang kolaboratif dan ketika kolaboratif itu banyak dengan generasi baru," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam jumpa pers menjelang Forum Pemuda G20 (Youth 20) di Jakarta, Sabtu.

Anies menyebutkan, salah satu keterlibatan anak muda dalam proses pembangunan di Jakarta di antaranya membangun fasilitas publik Halte TransJakarta.

Anak-anak muda tersebut tergabung dalam Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) yang memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui ide kreatif.

Baca juga: BEM UI kritisi persoalan polusi udara di DKI Jakarta
Baca juga: Cagar budaya Jembatan Kereta Terowongan Tiga terbengkalai


Misalnya, desain peta dan petunjuk yang ada di Halte TransJakarta, kata dia, adalah buatan anak muda. "Kami memang memproduksi tapi konten mereka yang menyiapkan. Lalu materi untuk gambaran kota kita, semua hasil teman muda," katanya.