KADER HANURA SIAP BERTARUNG DALAM PILGUB NTB

id

     Mataram, 16/6 (ANTARA) - Kader Partai Hanura seperti Sunardi Ayub, siap bertarung dalam pemilihan gubernur (pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2013-2018 yang dijadwalkan 13 Mei 2013.
     "Sudah ada satu kader Partai Hanura yakni Sunardi Ayub, yang siap bertarung dalam pilgub NTB, dan nanti akan ada mekanisme partai untuk mengusungnya," kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP Hanura DR H Yuddy Chrisnandi, di sela-sela "roadshow" Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Hanura, di Lombok Timur, Sabtu.
     DPP Partai Hanura melakukan "roadshow" untuk memperkuat basis politik selama 17 hari di delapan provinsi, sejak 2 Juni 2012 yang berakhir di Pulau Lombok, NTB, Sabtu (16/6).
     Lombok Timur merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota di wilayah NTB yang menjadi tujuan "roadshow" DPP Hanura, setelah menempuh perjalanan sepanjang 4.567 kilometer melewati 138 kabupaten/kota di delapan provinsi.
     Kedelapan provinsi itu, yakni enam provinsi di Pulau Jawa meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jateng, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan berakhir di NTB. "Roadshow" DPP Hanura tahap II akan digelar kembali setelah lebaran Idul Fitri atau September mendatang.
     Titik terakhir kegiatan "roadshow" itu yakni Selong, Lombok Timur, yang disambut lebih dari seribu kader dan simpatisan Partai Hanura. Kegiatan itu ikuti 55 kader fungsionaris DPP yang berasal dari 39 dapil di delapan provinsi.
     "Kegiatan 'roadshow' itu untuk memantapkan eksistensi partai Hanura agar bisa menembus parliamentary threshold (ambang batas perlemen) 3,5 persen.
     Selain konsolidasi partai, peserta "roadshow" Hanura itu juga membagi-bagi bingkisan berupa modal usaha untuk "Warung Hanura" di Kabupaten Lombok Timur. Sementara ini, sudah terbentuk 10 unit "Warung Hanura" dan semuanya mendapat bantuan modal.
     Yuddy mengatakan, meskipun sudah ada kader Partai Hanura yang bersedia maju dalam pilgub NTB, partai itu masih membuka diri untuk kandidat dari luar partai sepanjang dinilai mampu dan didukung rakyat.
     "Hanura buka diri selain mengusung kader-kader terbaik. Sementara baru Sunardi Ayub yang siap bertarung, makanya dalam berbagai kesempatan temu kader, diinformasikan untuk menyebarluaskan info ini," ujarnya.
     Diakuinya, Hanura belum melakukan survei atas kader Partai Hanura yang layak memimpin NTB, namun hal itu akan segera dilakukan, dan terbuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lain dalam mengusung kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun berikutnya.
     "Nanti ditindaklanjuti, survei kader partai akan dilakukan, koalisi dengan partai lain direncanakan, dan bergabung dengan tokoh panutan yang sesuai. Semua itu ada mekanismenya," ujarnya.
     Sunardi Ayub yang dikonfirmasi mengaku siap bertarung dalam Pilgub NTB itu, dan akan berupaya sebisa mungkin untuk meraih dukungan sebanyak-banyak dari masyarakat.
     "Saya siap, dan tentunya semuanya tergantung masyarakat, dan saya yakin bisa raih dukungan yang signifikan," ujarnya.
     Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU Provinsi NTB, hari pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dijadwalkan 13 Mei 2013, dan tahapan awal pemilu kepala daerah itu akan dimulai Nopember 2012. (*)