Idul fitri - wali kota mataram lepas pawai takbir

id sholat id

Idul fitri - wali kota mataram lepas pawai takbir

pawai takbir 1434 Hijriah (foto)

Pelepasan pawai diawali dengan melantunkan takbir, tahmid serta pemukulan bedug oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram
Mataram, (Antara) - Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Taman Sangkareang Mataram melepas pawai takbir menyambut serta menyemarakkan tibanya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H, Rabu malam.

Wali Kota Ahyar Abduh mengatakan peserta pawai takbir meningkat dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 120 kafilah berasal dari enam kecamatan di Kota Mataram.

Ia mengatakan untuk Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Mataram dipusatkan di Taman Sangkareang agar tidak terjadi kepadatan peserta yang dapat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di ruas-ruas jalan utama.

Selain itu pawai takbir digelar di masing - masing kecamatan yakni di Sekarbela, Cakranegara, Sandubaya, dan Ampenan, namun tidak mengurangi nilai keagamaan dari perayaan menyambut hari kemenangan itu.

Pelepasan pawai diawali dengan melantunkan takbir, tahmid serta pemukulan bedug oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram.

Sementara itu Ketua Panitia Semarak Takbir Kota Mataram L Faturrahman SPd mengatakan akan ada pengurangan nilai jika terdapat dalam satu kafilah membawa petasan atau mercon.

Ia mengatakan jika peserta ingin keluar menjadi juara harus mengikuti sesuai sarat dan ketentuan yang berlaku serta tetap saling menjaga kekompakan dan keamanan.

Pawai takbir berkeliling Kota Mataram diikuti sekitar 120 peserta dari semua kecamatan se Kota Mataram walaupun sebagian dipusatkan di masing- masing kecamatan.

"Untuk Kecamatan Selaparang dimulai dari Taman Sangkareang dan berakhir di perempatan Bank Indonesia Jalan langko dan untuk Kecamatan Mataram dimulai dari Taman Sangkareang dan berakhir di bekas Kantor Bupati Lombok Barat Jalan Sriwijaya," katanya.