Loteng kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo tingkatkan IPM

id Pemkab Lombok Tengah ,Dr Soetomo ,Kerjasama,Loteng kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo tingkatkan IPM, Lombok Tengah, Loteng kerjasama dengan un

Loteng kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo tingkatkan IPM

Foto bersama Bupati Lombok Tengah, NTB, H Lalu Pathul Bahri (kiri) bersama Rektor Universitas Dr. Soetomo, Dr. Siti Marwiyah saat penandatanganan kerjasama di kantor bupati setempat, Senin (29/5/2023/ (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjalin kerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo, Surabaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

"Ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri usai menandatangani kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Universitas Dr. Soetomo di Praya, Senin.

Di Kabupaten Lombok Tengah telah dijalankan program beasiswa kedokteran yang berasal dari infak dan sedekah para pegawai negeri sipil untuk anak yatim penghafal al-Quran.

"Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak yatim yang menghafal al-Quran di Lombok Tengah untuk mendapatkan beasiswa gratis," katanya.

Ia mengatakan, ke depan para dokter-dokter dari penghafal al-Qur'an ini akan dibangunkan klinik yang akan bekerja di sana dan merawat para anak yatim, kaum jompo dan yang kurang mampu. "Pemerintah Kabupaten Lombok telah menyiapkan lahan untuk pembangunan klinik tersebut," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Dr. Soetomo, Dr. Siti Marwiyah menyampaikan universitas juga memiliki program serupa yaitu beasiswa untuk para hafiz al-Quran. “Universitas Dr. Soetomo siap untuk bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lombok Tengah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM di daerah ini," katanya.

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Pemda Kabupaten Lombok Tengah dan Universitas Dr. Soetomo dalam upaya mengembangkan SDM dan sektor pariwisata.

Baca juga: Ternyata! oknum anggota DPRD Lombok Tengah ditangkap polisi saat pesta sabu
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah-UPN Veteran Jakarta kerja sama beasiswa Fakultas Kedokteran jalur tahfiz


"Melalui kerja sama ini juga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Lombok Tengah terutama dalam menaikkan Indeks Pembangunan Manusia ," katanya.

Pemkab Lombok Tengah juga telah melakukan kerjasama dengan Universitas Mataram dan Unizar Mataram serta perguruan tinggi lain, dalam rangka mendukung program beasiswa kedokteran yang saat ini sedang dilaksanakan.