Pemprov memasarkan produk UMKM melalui NTB Mall di Jakarta

id NTB Mall,Pemprov NTB,Produk UMKM,Jakarta

Pemprov memasarkan produk UMKM melalui NTB Mall di Jakarta

Sejumlah pengunjung melihat berbagai produk fesyen hasil karya pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dipasarkan pengelola oleh NTB Mall di Jakarta. (ANTARA/HO-Indah)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat memasarkan berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) daerahnya melalui NTB Mall yang sudah diresmikan dan beroperasi di Jakarta.

Dalam keterangan resmi di Mataram, Selasa, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB sekaligus pendiri NTB Mall Hj Niken Zulkieflimansyah, dan CEO NTB Mall Indah Purwanti, meresmikan NTB Mall yang beroperasi di Jakarta tersebut.

"Kini masyarakat NTB yang tinggal di Jakarta, ataupun warga sekitar ingin mencari oleh-oleh khas NTB. Dan instansi di NTB, ingin bawa oleh-oleh ke kantor pusat tidak perlu repot-repot bawa dari NTB karena sudah ada di Jakarta," kata CEO NTB Mall Indah Purwanti.

Ia menyebutkan NTB Mall Jakarta yang berlokasi di Wisma NTB Jl. Garut V Menteng Jakarta Pusat, menyediakan berbagai produk kuliner dan kriya, khususnya produk-produk turunan fesyen, seperti kain tenun, baju tenun, selendang, songket, dan sejenisnya.

"NTB Mall Jakarta ini diisi oleh aneka ragam produk-produk unggulan UMKM asli NTB, dan telah melalui tahap kurasi baik dari segi kualitas maupun izin dari setiap produk," ujarnya.

Setelah NTB Mall Jakarta diresmikan, Indah berharap dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Baik secara nasional maupun internasional, sehingga UMKM NTB turut merasakan dampak positif yang signifikan baik melalui penghasilan maupun perjanjian.

"Adanya toko-toko NTB Mall di Jakarta mudah-mudahan menjadi peluang produk-produk lokal NTB menjangkau pasar lebih luas," ucapnya.

Selain di Wisma NTB, kata dia, ada dua titik lainnya yang menjadi lokasi pengembangan NTB Mall di Jakarta, yakni Sarinah, dan Smesco. Lokasi-lokasi tersebut merupakan sebagai pemasar seluruh produk-produk UMKM daerah.

NTB Mall, lanjut Indah, mendapatkan fasilitas gratis untuk tempat memasarkan produk, tinggal mendekorasi ruang yang akan dimanfaatkan sebagai pusat oleh-oleh khas NTB.

"Untuk Wisma NTB, NTB Mall mendapatkan fasilitas dari Pemprov NTB. Sedangkan toko di Sarinah dan Smesco, difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB," katanya.