Kemenag ajak warga Loteng mengenang suri teladan Nabi Ibrahim

id Nabi Ibrahim ,Idul adha ,Kementerian Agama Lombok Tengah,Lombok Tengah

Kemenag ajak warga Loteng mengenang suri teladan Nabi Ibrahim

Warga Dusun Bunceman, Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat saat melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha 1444 hijriah di Masjid setempat, Kamis (29/6/2023). ANTARA/Akhyar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mengajak semua warga untuk mengenang suri teladan sepanjang masa Nabi Ibrahim pada momentum hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Idul Adha ini momentum mengingatkan peristiwa penting dalam sejarah yaitu Nabi Ibrahim As," kata Khatib Shalat Idul Adha di Masjid Agung Praya TGH H Subeki saat membacakan panduan khutbah dari Kemenag di Praya, Kamis.

Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Praya itu dihadiri Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah, Kepala OPD dan tokoh masyarakat serta warga setempat.

"Kita umat Muslim akan memahami siapa sebenarnya Nabi Ibrahim yang mempunyai sifat mulia yang berani mengorbankan anaknya sendiri yakni Nabi Ismail As, merupakan bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT," katanya.

Ia mengatakan, pelajaran bentuk kesetiaan kepada Alllah SWT dari Nabi Ibrahim dan pengorbanan Nabi Ismail sebagai bentuk kesetiaan kepada orang tua untuk berbakti dan ikhlas menyerahkan kepada Allah SWT.

"Kedekatan kita kepada Allah akan mendapatkan ketenangan dalam hidup tetapi sebaliknya barangsiapa kita menjauh dari perintah Allah SWT maka kita akan mendapat musibah dari Allah," katanya.

Ia mengatakan, peristiwa korban adalah menjadi simulasi dalam kehidupan saat ini bahwa pendidikan akhlak anak sangatlah penting dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan.

Perintah korban dari Nabi Ibrahim AS sebagai bentuk kepercayaan dari umat terhadap sang penciptanya, keyakinan yang kuat akan perintah Allah SWT. Sehingga peristiwa kurban memberikan pelajaran sosial dan nilai nilai kemanusiaan dalam kehidupan dan menjadi momentum emas.

"Semangat gotong royong di kehidupan kita sekarang ini harus terus ditingkatkan," katanya.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri mengajak jamaah dan masyarakat untuk memperkuat silaturahmi untuk soliditas membangun daerah, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Mari kita tingkatkan silaturahmi untuk meningkatkan pembangunan di Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Korem 162/WB gelar Salat Idul Adha
Baca juga: Puluhan ribu umat Muslim di Kota Mataram Shalat Idul Adha 1444 Hijriah


Ia mengatakan, pada Idul Adha 1444 Hijriah ini pemerintah daerah telah membagikan 42 ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk hewan kurban, yang telah disalurkan kepada masyarakat melalui lembaga atau yayasan. "Hewan kurban itu telah disalurkan kepada masyarakat," katanya.