Bandara Lombok menerapkan pembayaran parkir nontunai

id Bandara Lombok,Parkir Nontunai,Parkir,Lombok Tengah

Bandara Lombok menerapkan pembayaran parkir nontunai

Kendaraan saat masuk di pitu Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, menerapkan pembayaran secara nontunai untuk parkir kendaraan roda empat di pelataran parkir bandara setempat.

"Mulai 1 Agustus 2023 pembayaran parkir di pelataran bandara menggunakan 'full cashless' atau pembayaran nontunai," kata General Manager Bandara Internasional Lombok, Rahmat Adil Indrawan saat peresmian pembayaran nontunai parkir kendaraan bandara itu di Lombok Tengah, Selasa.

Ia mengatakan sistem pembayaran parkir secara nontunai itu menggunakan kartu uang elektronik untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Migrasi metode pembayaran dari uang tunai ke uang elektronik (e-money) ini merupakan salah satu upaya Bandara Lombok untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan transaksi nontunai serta untuk mempercepat perkembangan digitalisasi di bandara.

“Bandara Lombok tidak lagi melayani pembayaran parkir kendaraan roda empat secara tunai. Kecuali kendaraan roda dua, tapi secara bertahap akan menggunakan nontunai juga," katanya.

Untuk itu pihaknya mengimbau pengguna jasa agar menyiapkan kartu uang elektronik bagi pengendara kendaraan roda empat atau lebih.

Adapun kartu uang elektronik yang saat ini dapat digunakan untuk pembayaran parkir di Bandara Lombok yaitu Tap Cash dari BNI, e-Money dari Bank Mandiri, Brizzi dari BRI serta Flazz dari BCA.

Uang elektronik ini dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di kantor bank atau minimarket, termasuk di dalam bandara.

"Selain itu, uang elektronik BNI, Bank Mandiri, serta BRI dapat dibeli melalui petugas di pintu keluar Bandara Lombok," katanya.

Untuk mendukung penerapan sistem pembayaran parkir nontunai ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB menyediakan gerai pelayanan terpadu kartu elektronik yang melayani penjualan kartu elektronik, yang lokasinya di area selasar penjemputan penumpang Bandara Lombok.