Olazabal masuk dalam jajaran wakil kapten Eropa

id golf,ryder cup,luke donald,jose maria olazabal

Olazabal masuk dalam jajaran wakil kapten Eropa

Jose Maria Olazabal memukul bola tee shot pada hole ke-15 putaran final turnamen The Insperity Invitational, di Woodlandsm Texas, 30 April 2023. (ANTARA/Getty Images via AFP/TIM HEITMAN)

Jakarta (ANTARA) - Kapten tim Eropa Luke Donald menunjuk mantan kapten Jose Maria Olazabal sebagai wakil kapten keempatnya, untuk Ryder Cup tahun ini di Roma. Olazabal menikmati karier gemilang pada kompetisi dua tahunan melawan tim AS itu, sebelum memimpin timnya memenangi "Miracle at Medinah" pada 2012.

Pegolf 57 tahun itu total mengoleksi 20,5 poin dari tujuh penampilannya. Sebanyak 12 dari poin-poin tersebut didapatnya dari 15 pertandingannya bersama dengan sesama pegolf Spanyol Seve Ballesteros.

Olazabal juga menjadi wakil kapten pada 2008, 2010, dan 2014. Ia akan bergabung bersama Thomas Bjorn, Edoardo Molinari, dan Nicolas Colsaerts sebagai asisten Donald. Seperti dikutip dari AFP, juara ajang Masters dua kali itu berkata, "Dengan pengalaman sebelumnya di Ryder Cup, saya jelas merasa sangat gembira untuk dapat kembali terlibat." "Saya tidak sabar untuk merasakan lonjakan adrenalin, intensitas, dan getaran istimewa yang hanya dapat dihadirkan Ryder Cup," tambahnya.

Kapten Donald merasa sangat positif dengan keputusannya menunjuk Olazabal sebagai wakil kapten. "Kehadirannya saja membawa energi bagi segenap lingkungan Ryder Cup, dan saya melihatnya sendiri saat saya meminta dia untuk terlibat," ucap Donald.

Baca juga: Dua pegolf Naarajie dan Gabriel siap tampil maksimal Mandiri Indonesia Open
Baca juga: BUMN di NTB gelar Charity Golf


Donald memiliki catatan baik di Ryder Cup. Hal yang paling dapat dikenang adalah saat ia mengalahkan Bubba Watson untuk membawa tim Eropa bangkit dari tertinggal 6-10, menjadi menang 14 1/2 berbanding 13 1/2. Ryder Cup 2023 akan dimainkan di Roma, Italia, pada 29 September sampai 1 Oktober.