BPBD siaga meski TPA Rawa Kucing Tangerang sudah aman

id Rawa Kucing,TPA,Sampah,Bakar,Menungsi,Tangerang,Kota Tangerang,Wali KOta,TPW Sampah,PMI,BPBD,LH,Banten,Provinsi Baten,Si

BPBD siaga meski TPA Rawa Kucing Tangerang sudah aman

Kebakaran di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang yang sudah mulai padam dan dilakukan pendinginan oleh petugas hingga kini. ANTARA/HO-BPBD.

Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Provinsi Banten Arief R Wismansyah memerintahkan Kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat untuk tetap menyiagakan petugas pemadam kebakaran di lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Rawa Kucing yang sempat terbakar meski saat ini kondisinya sudah relatif lebih aman.


"Meskipun sepuluh hari pasca kebakaran kondisi TPA sudah relatif lebih aman, namun keberadaan petugas masih diperlukan. Kalau melihat kondisi di lapangan Alhamdulilah relatif sudah aman, secara bertahap nanti personil bisa dikurangi," kata Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Selain itu, dirinya juga meminta untuk tetap menyiagakan mobil pemadam dan petugas di lokasi. Karena dari pantauannya saat sore hari dari video masih ada titik api yang muncul. "Tetap siaga personil dan armada," katanya.

Arief juga meminta Dinas Lingkungan Hidup kota Tangerang untuk bisa kembali mengoptimalkan layanan pengangkutan sampah di masyarakat, karena beberapa zona TPA Rawa Kucing yang sebelumnya terbakar sudah bisa dipadamkan.

"Di beberapa zona yang kemarin terbakar sudah relatif aman, oleh karenanya LH harap segera kembali mengoptimalkan layanan pengangkutan sampah," katanya.

Kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk bisa melakukan pemulihan pasca bencana. "OPD yang lain agar juga bisa membantu proses recovery pasca bencana," kata Arief R Wismansyah.

Akibat kebakaran TPA Rawa Kucing yang terjadi pada 20 Oktober lalu membuat Pemerintah Kota Tangerang menetapkan status daerah darurat bencana dari 20 Oktober sampai 2 November 2023. Saat ini masih ada yang mengungsi 45 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan kondisi yang semakin terkendali ini berkat kerja sama seluruh pihak. Tidak hanya OPD dari Pemerintah Kota Tangerang, namun berbagai bantuan dari BNPB, KLHK, PMI, serta petugas pemadam kebakaran dari DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, hingga Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Heli BNPB sudah tak terlihat titik api di Rawa Kucing
Baca juga: Pemadaman TPA Suwung Denpasar difokuskan dengan strategi darat


"Tentu kami ucapkan terima kasih pada seluruh stakeholder terkait. Lalu, dengan bantuan seluruh pihak yang terjun langsung ke lapangan dan serta bantuan-bantuan logistik juga doa bagi kami sangat-sangat membantu. Kami mengucapkan terima kasih banyak dan mudah-mudahan TPA Rawa Kucing dapat segera 100 persen aman," katanya.