Pertamina Energi Negeri berikan edukasi di sekolah di Dumai

id Pertamina Energi Negeri, edukasi sekolah, dua sekolah Dumai

Pertamina Energi Negeri berikan edukasi di sekolah di Dumai

Tim Pertamina Energi Negeri ketika memberikan edukasi motivasi dan inspirasi kepada salah satu SDN di Dumai. (ANTARA/HO-PT KPI RU II)

Dumai, Riau, (ANTARA) - Pertamina melalui program Pertamina Energi Negeri (PEN) memberikan edukasi, motivasi dan inspirasi di dua sekolah di Kota Dumai, Provinsi Riau, yakni Sekolah Dasar Negeri 019 Pangkalan Sesai dan SDN 027 Bukit Batrem.

Penjabat sementara General Manager (GM) PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai Hamson Limbong mengatakan tema PEN yang diusung tahun ini adalah "nawasena". Ini mengandung arti “Masa Depan Yang Cerah” penuh harapan dengan membaca membuka jendela dan wawasan dunia.

"PEN 6.0 memiliki harapan menjadi cakrawala penghubung dan pembangun mimpi melalui edukasi, motivasi dan memberikan inspirasi kepada anak-anak Indonesia untuk masa depan gemilang,” katanya di Dumai, Senin.

PEN merupakan kegiatan volunteer yang diinisiasi oleh Komunitas Perwira Peduli, ONE Pertamina, Agent of Change (AoC) serta Pertiwi yang berfokus untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada anak-anak SD di berbagai wilayah di Indonesia.

Tahun 2023, PEN memasuki gelarannya yang ke-6, dimana pelaksanaan awal diselenggarakan pada tahun 2016 di Jakarta dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-66 Pertamina.

PEN 6.0 kali ini diselenggarakan secara serentak di 38 lokasi operasi Pertamina yang meliputi 84 sekolah di seluruh Indonesia. Lebih dari 1.000 Perwira Pertamina ikut aktif terlibat dalam kegiatan ini dengan pembagian tugas sebagai fasilitator, pengajar, dan dokumentasi.

Di Kota Dumai, siswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 1.250 siswa yang terdiri atas 29 kelas. 70 Perwira Pertamina yang terlibat dalam kegiatan PEN 6.0 di Dumai sebanyak 70 orang.

Perwira tidak hanya berasal dari PT KPI Unit Dumai saja, tetapi juga melibatkan Perwira dari Subholding Upstream – PT Pertamina Hulu Rokan dan Subholding Commercial & Trading – Integrated Terminal Dumai.

Baca juga: My Pertamina Dash Basketball ajang pembibitan pebasket muda
Baca juga: Kemenparekraf-Pertamina kolaborasi gelar temu bisnis


Hamson Limbong mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, termasuk panitia yang berhasil mewujudkan pelaksanaan PEN 6.0 di Kota Dumai. Manager O&M Business Service PT PHR, Endah Rumbiyanti mengungkapkan rasa bangganya dapat berbagi, memotivasi dan menginspirasi siswa-siswi yang hadir.

Menurutnya Perwira Pertamina harus konsisten dan disiplin sesuai Tri Prasetya Pelajar. "Kita harus patuh, tunduk dan taat kepada orang tua dan guru. Selain itu, kita juga harus menjaga ibadah dan istirahat kita. Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam mendukung terlaksananya PEN 6.0 ini,” ujarnya.