Kebutuhan dasar jadi prioritas Program Kukar Idaman

id Kukar Idaman, Bupati Edi, air bersih,Bupati Kukar,Kebutuhan dasar jadi prioritas,prioritas Program Kukar Idaman

Kebutuhan dasar jadi prioritas Program Kukar Idaman

Bantuan tandon di Desa Jonggon Desa dan Desa Jonggon Jaya yang diserahkan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah (Antara / HO Prokom Kukar)

Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyebut, pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat seperti layanan air bersih merupakan salah satu program prioritas Kukar Idaman (Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri).

"Untuk wilayah perkotaan dan wilayah yang mudah dijangkau, maka perusahaan daerah penyedia air bersih sudah masuk, sedangkan bagi kawasan yang belum terjangkau layanan perusahaan air bersih, Pemkab Kukar menyediakan tandon," kata bupati di Tenggarong, Kaltim, Minggu.

Tandon dinilai sangat bermanfaat bagi warga perdesaan untuk menampung air dari pegunungan, danau, dan sungai, termasuk sebagai tadah air hujan.

Oleh karena itu, Pemkab Kukar sudah membagikan ribuan tandon ke sejumlah desa yang tersebar di kecamatan-kecamatan, di antaranya adalah Kecamatan Loa Kulu yang telah mendapat giliran.

"Kemarin (Sabtu, 11/11) saya juga menyerahkan bantuan 1.257 tandon untuk warga dua desa di Kecamatan Loa Kulu, yakni di Desa Jonggon Desa sebanyak 680 unit tandon dan 577 unit tandon bagi Desa Jonggon Jaya, masing-masing tandon berkapasitas 600 liter," katanya.

Pengadaan ribuan tandon ini melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), sehingga kini warga sudah bisa memanfaatkan tandon tersebut untuk menampung air dari berbagai sumber, sesuai dengan dengan aset air di masing-masing desa.

"Bantuan tandon merupakan bagian dari program Kukar Idaman, salah satunya memberikan kemudahan akses penyediaan air bersih, khususnya di Desa Jonggon Desa dan Jonggon Jaya. Sebelumnya juga sudah diserahkan tandon di kecamatan lain,” katanya.

Penyediaan air bersih ini menjadi prioritas Pemkab Kukar karena air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan pola hidup bersih.

Terkait dengan kebutuhan air bersih di kawasan pedesaan yang belum dijangkau oleh PDAM, ia mengajak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat menjalankan usaha di sektor ini karena layanan air bersih merupakan kebutuhan pokok.

Baca juga: KBRI Bandar Seri Begawan Selenggarakan Resepsi Diplomatik Bernuansa IKN
Baca juga: Balikpapan menyiapkan BRT sambut IKN


"Banyak unit usaha yang bisa dijalankan oleh BUMDes yang disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan warga, salah satunya adalah usaha penyediaan air bersih, sehingga selain membantu warga memperoleh air bersih, bisa juga menyerap tenaga kerja, bahkan pendapatan pemerintah desa pun bisa bertambah," kata Edi.